Friday, December 26, 2014

December 26, 2014
Info Papandayan - Gunung Papandayan mungkin telah banyak dikunjungi ratusan atau bahkan ribuan para penadaki dari seluruh Indonesia. Namun diantara para pendaki yang telah mendaki Papandayan banyak yang belum tahu tentang keberdaan Curug di Gunung Papandayan. Nah jika Sobat Paguci termasuk salah satu orang yang telah mendaki Papandayan tetapi belum mengetahui tentang Informasi Curug tersebut dalam postingan ini Info Paguci akan memberikan Informasinya secara lengkap.


Setiap gunung di Indonesia rata-rata memiliki curug atau air terjun yang indah. Sama halnya dengan gunun lain Gunung Papandayan juga memiliki curug yang menambah keindahan dan daftar tempat menarik yang harus dikunjungi jika ke Papandayan. Papandayan memang sudah tersohor kemana-mana. Keindahanya tidak usah diragukan lagi. Pesona papandayan yang  menakjubkan kini bertambah dengan adanya air terjun yang indah dengan genangan-genangan air yang berwarna warni.

Curug Papandayan
Curug Papandayan merupakan air terjuan yang berada di kawasan Gunung Papandayan. Curug ini memiliki air yang cukup jernih namaun mengandung belerang. Pada musim hujan aliran airnya cukup besar jika dibandingkan dengan musim kemarau.memang.Curug Papandayan ini baru diketahui baru-baru ini. Karena lokasinya yang tersembunyi curug tersebut baru ditemukan oleh seorang Fhotographer bernama Tatang. Tatang yang nerupakan salah satu peserta lomba berhasil mengabadikan Curug Papandayan dan menjuarai lomba Fotographer yang diadakan di kawasan Gunung dan Kawah Papandayan. Curug Papandayan merupakan curug yang terbentuk dari aliran sungai belerang bekas letusan Gunung Papandayan pada tahun 2002 silam. 

Cara Menuju Curug Papandayan

Jalur menuju Curug Tatang Curug Papandayan ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki.  Waktu yang ditempuh kurang lebih satu jam dengan jarak tempuh sekitar 2-3 Km dari tempat Parkir Papandayan ke arah Kawah Papandayan dengan menyebrangi Sungai Ciparungpuk dengan trek jalur pendakian berupa bebatuan hasil material vulkanik. Sepanjang jalan menuju Curug ini sobat juga dapat menjumpai beberapa genagan air yang berwarna-warni, tidak hanya itu sobat juga dapat menjumpai sungai-sungai kecil bekas jalur aliran lahar pada saat terjadi letusan gunung Papandayan tahun 2002.

Yang pertama yang harus Sobat Paguci ketahui bahwa Curug ini benar benar tersembunyi. Jika sobat berkeinginan untuk membuktikannya secara langsung sobat bisa menyewa pemandu/guide yang benar-benar pengalaman yang telah terbiasa meamandu di kawasan Gunung Papandayan.



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment