Wednesday, February 4, 2015

February 04, 2015
Info Guntur - Info terbaru nih buat seluruh Sobat Paguci dan semua KPG diseluruh Indonesia yang mau berpartisipasi dalam kegiatan "Go Green Gunung Guntur penanaman" 1000 pohon untuk Gunung Guntur. Bagi yang berminat ikutan catat nih waktu dan tempatnya.

Paguci Information Center
Go Green Gunung Guntur
Tanggal 07- 08 Februari 2015
Acara Kegiatan
  1. Penanaman 1000 Pohon
  2. Silaturahmi bersama pengelola, relawan, dan penggiat alam
  3. Opsih sampah
  • Strat keberangkatan Sabtu tanggal 07 februari pukul 06.00 pagi sampai minggu 08 Februari 2015 pukul 09.00 WIB.
  • MeetPoint Pos registrasi Gunung Guntur (Bu Tati)
  • Perlengkapan sesuai SOP pendakian, disiapkan secara pribadi
  • Membawa alat tanam masing-masing
Kalau mau gabung tidak usah bayar, free alias garatis. Bibit pohon yang akan ditanam juga telah disediakan pihak panitia. Jenis pohon yang akan ditanam merupakan jenis pohon endemik Gunung Guntur. Lokasi penanaman yang menjadi titik fokus adalah jalur dari pos 3 ke atas.  Gunung Guntur saat ini statusnya telah ditutup hingga 31 Maret 2015, namun kegiatan ini telah mendap persetejuan dan dukungan dari pihak BKSDA dan Perhutani Kabupaten Garut dan sekaligus akan mendampingi acara penanaman tersebut. Info lebih lengkap bisa menghubungi nomor contact yang tertera pada gambar di atas.

1 pohon untuk 1000 kehidupan "Go Green Gunung Guntur" Mari ubah perilaku mendaki menjadi lebih baik,dengan turut serta Acara Penanaman 1000 pohon,opsih dan silaturahmi bersama pengelola,para relawan Guntur dan para penggiat alam. Dan kami harapkan untuk semua KPG SELURUH INDONESIA agar bisa hadir dan turut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman ini.

Dengan adanya kegiatan ini diharapakan bisa sedikit memperbaiki kondisi lingkungan di kawasan kaki Gunung Guntur. Semoga dengan diadakannya aksi tanam Go Green Gunung Guntur 1pohon Untuk 1000 kehidupan ini dapat memberikan pemahaman dan pelajaran kepada semua orang khususnya masyarakat sekitar dan para pendaki gunung untuk bisa menjaga dan melestarikan alam Gunung Guntur. Perlu kita ketahui Ada penciptaan yang nyata pada pohon. Sel-sel yang menyusun pohon tertata sedemikian agar membentuk akar, batang, kulit kayu, buluh air, cabang, dan daun. Sel-sel itu membentuk bagian-bagian yang membuat pohon bertahan hidup dengan melakukan fungsi-fungsi penting.

Ada suatu pembagian kerja yang tertata dan terencana di antara bagian-bagian itu.
Sebatang pohon menyerupai sebuah pabrik kimia raksasa. Proses-proses kimia yang sangat rumit dijalankan dengan menimbang urut-urutan yang tanpa cela. Ada bukti bahwa organ-organ yang menjalankan proses-proses ini melakukan perhitungan bagaikan seperangkat komputer.

Dari sebuah kajian penelitian, secara sederhana dapat disimpulkan semakin tinggi pohon yang tumbuh subur diatas tanah akan semakin memberi manfaat yang lebih di antaranya adalah:
(a) Menghasilkan oksigen 1,2 kg/pohon/hari,
(b) Membuat teduh/sejuk, menyerap panas 8x lebih banyak,
(c) Menjaga kelembaban, menguapkan 3/4 air hujan ke atmosfir,
(d) Menyerap debu,
(e) Mengundang burung
(f) Membuat keindahan.
Sementara itu fungsi pohon di bawah tanah di antaranya adalah:
(a) Menyerapkan air ke tanah,
(b) Mengikat butir-butir tanah,
(c)Mengikat air di pori tanah dengan kapilaritas dan tegakan permukaan.

Ayo teman teman, khusus nya pengurus dan Sobat PAGUCI mari kita merapat ke Gunung Guntur,,kita menanam pohon buat masa depan generasi kita, buktikan kalo kita peduli dan benar benar peduli terhadap lingkungan kita. Mari kita wujudkan, jangan cuma bicara tanpa fakta dan jangan cuma omongan kosong belaka, mari kita rapatkan barisan demi masa depan tanah air kita hijau hutan ku hijau pula negri ku, maka lestari lah bumi nya...salam rimba...!!!!!!
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment