Thursday, September 24, 2015

September 24, 2015
Info Cikuray - Lagi lagi dan lagi kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Garut. Setelah Gunung Papandayan dan Gunung Guntur kini kebakaran terjadi di Gunung Cikuray. Kebakaran terjadi pada Rabu siang 24 September 2015 sekitar pulul 14.00 WIB. Lokasi yang terbakar kali ini adalah salah satu objek wisata pendakian Gunung Cikuray Garut. Petugas penjaga tower di Puncak Cikuray, Wildan menyampaikan, kobaran api di tempat hutan itu baru di ketahui seputar jam 14. 00 WIB.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Namun Rokok dan api unggun bekas pendaki diduga kuat yang menyebabkan terjadinya kebakaran.Kebakaran hampir mendekati kawasan pemancar televisi. Lokasi ini merupakan kawasan hutan lindung dibawah Perum Perhutani tapi kenyataan di lapangan banyak pembukaan lahan dan kawasan ini sering digunakan juga untuk pengembalaan liar,  Petugas penjaga tower di Puncak Cikuray.

Baca juga: Seluruh Kawasan Konservasi Di Garut Resmi Ditutup
Seluruh Kawasan Konservasi Di Garut Resmi Ditutup
Seluruh Kawasan Konservasi Di Garut Resmi Ditutup

Beruntung apai bisa dipadamkan dengan cepat. Berkat info dari rekan-rekan pendaki disekitar kawasan pemancar api bisa dipadamkan. Pemadaman dilakukan oleh masyarakat sekitar dan dari relawan FK3I dan Wanakumbara dibawah koordinasi King Muhamad. Sangat kecil kemungkinan kebakaran ini terjadi akibat alam (kemarau) tapi semua ini akibat dari kesalahan / kelalaian manusia (masyarakat / petani / pendaki / pemangku kebijakan), perkuat kearifan lokal dan sinergi harus terjalin baik dan tepat.

Apakah peristiwa kebakaran ini akan terus terjadi, untuk mencegah hal tersebut, menurut ketua dan rekan rekan FK3I Wanakumbara menyatakan bahwa untuk mencegah hal tersebut pada musim kemarau dibutuhkan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir kemungkinan terjadinya hal yang serupa.

Terlepas dari kabar terjadinya kebakaran, Gunung Cikuray merupakan gunung yang paling banyak dikunjung para pendaki dari luar Kota Garut. Banyak pendaki yang berdatangan ketika menjelang libur panjang untuk mendaki gunung ini. Namun bagaimanakh statu Cikuray setelah terjadinya kebakaran. Status Gunung Cikuray masih simpang siur ada yang mengatakan bahwa pendakian Gunung Cikuray dibuka ada pula yang mengatakan ditutup. Hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkai tentang penutupan Gunung Cikuray. Kalaupun dibuka pendaki diharapakan tidak membuat perapian di tempat sembarangan agar tidak terjadi kebakaran



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment