Benarkah Ada Goa Belanda Di Gunung Papandayan?

Advertisemen
Info Papandayan - Benarkah Ada Goa Belanda Di Gunung Papandayan? Oke dari pada penasaran mending kita sama sama cari tahu dalam postingan Info Paguci Hari ini.
"Ada begitu banyak hal yang belum kita ketahui karena sejatinya Alam, Gunung serta hutan memang penuh misteri" #infopaguci

Kebanyakan dari kita pasti belum mengetahui tentang Goa peninggalan Belanda di Gunung Papandayan. Bahkan Kebanyakan pengunjung juga tidak mengetahui dimana dan seperti apa gua belanda tersebut? Sepintas memang letak keberadaan goa memang tersembunyi, jarang orang yang menemukannya karena posisinya yang tersembunyi dipinggir selokan dan dibawah jalan setapak.

"Sebenarnya kalau kita jeli dan fokus terhadap dilingkungan sekitar kita, kita bisa menemukan hal yang baru"

Seperti telah kita ketahui dahulu kita pernah dijajah oleh Negara Belanda. Banyak peninggalan yang ditinggalkan dari zaman tersebut, mulai dari cerita, jalan, goa, bangunan dan masih banyak peninggalan lainnya. Sama halnya dengan Gunung Papandayan, ada  satu peninggalan yaitu sebuah goa peninggalan Belanda.

Goa Peninggalan kolonial Belanda ini berada dekat disekitar Kawah Papandayan. Meski jalannya cukup mudah untuk dilalui namun pendaki selama ini tidak pernah menemukan goa tersebut. Sebenarnya kalau kita jeli dan fokus terhadap dilingkungan sekitar kita kita bisa menemukan hal yang baru seperi goa belanda tersebut yang baru-baru ini telah diketahui keberdaannya.

Menurut data dan informasi yang berhasil kita dihimpun tidak ada penjelasan secara lengkap dimana tepatnya letak goa belanda tersebut, tadak ada pula yang menjelaskan tentang sejarahnya tujuan serta fungsi di buatnya goa tersebut. tapi keberadaannya memang ada, salah satu ciri keberadaannya yaitu sebuah tugu yang masih kokoh berdiri sampai sekarang.. Berikut ini penampakan Goa Belanda Tersebut.

Didalam Goa Belanda ini terdapat sebuah ruangan yang ukurannya cukup luas untuk sekedar istirahat atau bermalam disana. Ruangan tersebut bisa memuat sekitar 10 orang. Kemmudian ada lorong kecil yang menghubungkan ke ventilasi agar udara didalam goa tetap segar.


[Sumber: www.papandayan.info]


Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger