Thursday, October 27, 2016

October 27, 2016
Info Paguci - Pendaki Gunung itu gak mesti terus-terus harus naik gunung kan? Sesekali boleh dong jalan-jalan ketempat lain selain gunung tapi yang masih ada hubungannya dengan alam bebas. Nah kalau ngomongin hal diatas tersebut, dalam postingan kali ini Info Paguci meberikan info wisata lainnya yang menarik unik dan tentunya tempat tersebut sngat layak untuk di kunjungi.
Jauh di sebelah selatan Kabupaten Garut terdapat banyak wisata Curug atau air terjun bahkan baru-baru ini malah ada Leuwi (Sungai) yang dijadikan tempat wisata. Tempat wisata tersebut adalah Leuwi Tonjong yang berada di Kecamatan Cihurip. Leuwi Tonjung merupakan sebuah sungai dengan alairan sungai yang sangat unik. Aliran sungainya relatif dangkal dan tenang membentuk kolam kemudian mengalir deras ke aliran sungai berbatu.Hal menarik lainnya Leuwi Tonjong Diapait oleh dua buah dinding batu atau bisa dikatakan buki yang tinggi yaitu sekitar 90 samapi 120 meter. Untuk mengunjungi Leuwi Tonjong disarankan pada saat musim kemarau karena pada musim kemaru air sungainya relatif jernih meski debit airnya kecil. Sedangkan pada musim hujan airnya cenderung keruh.


Lokasi Leuwi Tonjong ini tepatnya bearda di Kampung Rontong Desa Jaya Mukti. Akses jalan ke Leuwi Tonjong ini bisa dikatakan sangat sulit. Dari pusat Kota Garut ke arah jalan sebelum Pameungpeuk terus belok kiri ke arah Cihurip ya sekitar dua sampai tiga jam kalau menggunakan mobil. Kalau menggunakan sepeda motor mungkin bisa lebih cepat. Kendaraan tidak bisa langsung sampai ke sungai, akan tetapi sobat harus sedikit berjuang dengan berjalan kaki menuruni bukit  sekitar 15-30 menit.

Info lainnya yaitu jalur trekking menuju Leuwi Tonjong ternyata lumayan bagus meski tak bagus bagus amat. Dan yang paling super adalah disekitar leuwi tempat didekat bibir sungai seluas enam meter yang relatif aman untuk mendirikan tenda jadi sobat bisa berkemah. Ada sebuah shelter darurat untuk mushola, toilet darurat di pinggir sungai.

Gak mesti ke gunung, kesungai pun jadi. Bisa Kemping pula, jadi masih bisa merasakan suasana alam dan dinginnya malam di pinggir sungai.Itulah info wisata mengenai Leuwi Tonjnong yang bisa masuk list daftar tempat wisata lainnya yang harus kamu kunungi di Garut.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment