Cara Mengenali Sesuatu Di Hutan

Advertisemen
Mengungkap rahasia hutan dengan logika,hati dan perasaan

Banyak pertanyaan-pertanyan akan timbul di benak sobat adventure semua ketika berada di dalam hutan. Misalnya saja jika ada binatang yang menyerang anda seperti kumbang, maka coba perhatikan apakah sobat berada di wilayahnya? Atau mengapa daun muda selalu berwarna merah?, mengapa ada jamur yang bersinar di malam hari?, mengapa rotan merambat dan penuh duri?, mengapa ada tumbuhan yang menjulur dan memanjat batang pohon?. Apa bila banyak muncul pertanyaan ketika sobat berada di dalam hutan bersyukurlah karena itu merupakan sebuah teka teki yang menggembirakan yang tentu saja sobat sendirilah yang harus mencari jawaban dari teka-teki tersebut.
Sobat adventure tidak perlu takut apa bila sedang berada di dalam hutan karena di bawah ini merupakan tips tentang cara menegenali sesuatu di hutan:

Bagi sebagian orang rasa takut akan muncul ketika memasuki kawasan hutan, apalagi bagi seseorang yang baru pertama kali memasuki hutan. Hutan itu merupakan tempat hidup serangga, ular, katak, burung, rusa dan masih banyak binatang yang lainnya. Tetapi biasanya mereka bisa terganggu akibat kedatangan sobat atau bahkan bisa juga sobat sendiri yang terganggu karena adanya mereka. Bila beruntung, sobat dapat berjalan di bawah pohon dengan surili atau monyet yang bersembunyi dibalik dedaunan. Dalam suasana hutan yang sepi, cobalah sobat amati daun yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Sobat akan merasakan sesuatu yang berbeda misalnya, sobat juga akan merasakan angin kecil yang menyambut anda sebagai sambutan selamat datang. Selain itu sobat juga jangan mengganggu kumbang atau kalajengking karena sengatan satwa yang satu ini bisa menyakitkan. Pacet atau lintah banyak ditemukan di hutan oleh karena itu sobat juga berhati-hati dengan tidak selalu melihat ke atas, tetapi kedua satwa tersebut jarang ditemukan di jalan setapak karena biasanya berada di semak-semak yang permukaan tanahnya lembab atau terdapat banyak air. Ular dan babi hutan sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan, namun lebih baik sobat tidak mengusik mereka. Jadi intinya kita jangan melakukan kegiatan  yang  sekiranya dapat membahayakan diri kita dengan tidak mengganggu keberadaan satwa-satwa liar yang kita temui selama berada di dalam hutan terutama satwa-satwa yang berbahaya.

Di hutan biasanya  tumbuhan justru jauh lebih berbahaya dari pada satwa-satwa yang telah disebutkan di atas, banyak diantaranya tumbuhan yang mengandung racun, atau memiliki batang dan daun yang ditutupi bulu bulu atau duri yang tajam (lugut). Hati hati karena cabang dan ranting pohon dapat patah oleh tiupan angin kencang. Dengan tumbuhan yang sangat beragam dan sebagian besar berjenis pohon: hal itu akan menyulitkan identifikasi bagi sobat. Oleh karena itu tips ini di fokuskan pada beberapa hal yang pentingnya saja, yang sudah umum atau mudah dikenal, agar keragaman jenis tumbuhan yang istimewa atau Khas disepanjang jalur dapat dikenali di kawasan hutan yang sobat jelajahi.

Sobat tentunya ingin mengamati dan ingin tahu tentang hal yang berbeda dan tentu saja akan timbul rasa ke ingin tahuan yang besar terhadap alam dan ekosistemnya. Rasakan suasana hutan kemudian pertajam seluruh panca indra sobat adventure. Berjalan-jalan di hutan sambil mengamati dengan cermat dapat mengungkapkan lebih banyak rahasia hutan. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara mengenali sesuatu di hutan:
  • Sobat harus menjaga keheningan.
  • Pakailah pakaian yang tidak terlalu mencolok.
  • Dengarkan baik-baik suara yang terdengar.
  • Kenali datangnya bau-bauan.
  • Cobalah cari dari mana asal jatuhnya bunga atau buah-buahan.
  • Amatilah bekas jejak hewan.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger