Wednesday, March 29, 2017

March 29, 2017
Dalam melakukan kegiatan alam bebas, baik hiking, pendakian gunung, jelajah rimba, atau yang lainnya, tas Backpacker atau ransel sangat di perlukan untuk membawa barang perlengkapan dan perbekalan selama perjalanan. Jadinya tas harus nyaman ketika kita membawanya dan aman serta berfitur lengkap guna memudahkan kita mengarungi alam.

Yang terpenting adalah, bisa memuat semua barang kebutuhan kita selama melakukan kegaiatan. Tas backpacker memang sudah dibuat sedemikian rupa agar fleksibel dan khusus untuk perjalanan di alam bebas.

Nah berikut ini merupakan beberapa cara dalam memilih tas untuk naik gunung:

Kapasitas Backpacker

Pilihlah tas sesuai keperluan, karena perjalanan pendakian misalnya tak hanya bisa di lakukan dalam satu jam atau satu hari. Membutuhkan waktu yang lama. Jadi tas harus sesuai dengan tahap di jalan dan mampu mengatasi semua perbekalan kita. Untuk perjalanan singkat satu hari ke hutan atau gunung, ransel berukuran 30 - 40 liter cukup memadai sebagai tempat untuk membawa perlengkapan sobat yang terbatas seperti kamera, tabir surya, makanan dan perlengkapan lainnya.

Untuk pendakian alpin atau perjalanan yang mengharuskan sobat menginap satu malam, ukuran 50 - 55 liter akan lebih baik, karena anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak.


Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari - hari ukuran 65 - 70 liter merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan anda bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya.


Kenyamanan merupakan urutan terpenting dibanding kekuatan, kualitas, dan harga. Pilih bahan yang tahan air, kalau perlu lengkapi dengan penutup ransel. Jangan lupa membungkus perlengkapan / pakaian dengan bahan yang tidak tembus air. Perhatikan pula detil - detil di bawah ini ketika sobat adventure memilih dan mencari ransel yang nyaman dan cocok dengan selera serta kebutuhan sobat.  


Tali Pinggang.

Tali pinggang merupakan komponen penting yang akan menentukan tingkat kenyamanan sobat saat menggendong ransel, karena sebagian besar berat ransel tersebut akan ditopang oleh tali pinggang yang jatuh tepat pada posisi tonjolan tulang pinggang. Pilih ransel yang mempunyai tali pinggang dengan bantalan empuk dan tidak gampang turun dari pinggang, karena pingganglah yang akan menahan beban lebih banyak dibanding bahu.

Tali samping sebagai penyeimbang.
Tali penyeimbang samping berfungsi untuk mengatur tegangan antara tali pinggang dan punggung ransel saat sobat menggendongnya. Fungsi lain adalah untuk mengatur ke stabilannya saat sobat berjalan. 

Tali Bahu

Bantalan bahu harus empuk dan terdapat webbing pengatur yang dihubungkan dengan bagian atas ransel. Bantalan bahu tersebut juga idealnya berbentuk kurva melengkung agar kenyamanan dan posisi jatuh di bahu juga enak, terutama untuk wanita. Bahan bantalan bahu juga harus lembut di kulit maupun pakaian sobat.

 

Tali pengatur atas
Kecenderungan alami sebuah ransel yang berisi adalah akan menggelantung ke belakang, sehingga sobat akan selalu melawan kecenderungan itu dengan membungkukkan badan anda ke depan. Untuk membuat nyaman sebuah ransel, maka harus mempunyai ikatan pengatur tambahan di antara badan ransel dan puncak bantalan bahu yang berfungsi untuk mendekatkan ransel itu dengan punggung pembawa sehingga ransel akan tetap tegak di punggung pembawa. Penggunaan pengatur atas ini juga bermanfaat untuk membantu menyebarkan titik beban antara puncak bahu dan tulang leher. 

Tali dada

Tali dada selain berfungsi untuk menahan bantalan bahu agar tetap di tempatnya, dan juga membantu sebagai penyeimbang ransel. Jadi tali dada bukan bra lho sobat...

Pengatur panjang punggung

Pada umumnya hampir semua ransel dapat diatur panjang punggung ransel sesuai dengan panjang punggung pemakai, dengan cara menaikturunkan pengatur yang terbuat dari alumunium, plastik atau webbing. 

Bantalan punggung

Bantalan pungung adalah titik utama sentuhan antara ransel dan punggung sobat , oleh karenanya harus nyaman dan mudah untuk diatur. Pilih yang mempunyai mempunyai bantalan di lumbar dan scapula. Bantalan punggung ini juga harus mempunyai rongga udara di bagian punggung. Bahan bantalan punggung ini juga harus cepat kering dan memberi ruang untuk sirkulasi udara. 

Ruang utama

Ruang utama ini merupakan tempat sobat menaruh tenda, pakaian, dan bahan makanan sobat. Aturlah agar benda terberat yang anda bawa dekat dengan punggung. Beberapa ransel menggunakan bahan anti air.

Ruang dasar

Ketika ransel sobat dibagi menjadi dua ruang, pemisah ruang tersebut bisa saja tetap atau dapat di buka. Namun yang jelas masing - masing akan mempunyai pintu tersendiri. Ruang bawah itu biasanya untuk menempatkan barang yang ringan tetapi mempunyai volume yang besar misalnya kantong tidur.

Kantung samping 

Tidak setiap ransel dilengkapi dengan kantong samping. Ada pula yang kantong sampingnya merupakan tambahan dan dapat dibongkar pasang. Untuk kegiatan panjat tebing atau naik gunung yang berlereng terjal, ransel tanpa kantong samping merupakan pilihan yang terbaik. Namun saat sobat adventure pergi trekking di gunung atau hutan dan membutuhkan tempat untuk pernak - pernik anda seperti botol air minum, atau botol bahan bakar, kantong samping akan sangat bermanfaat.

Ruang tambahan atau Lid 

Sebagian besar ransel juga dilengkapi dengan penutup ruang utama yang dapat berfungsi pula sebagai penambah ruang isi ransel, di mana di bagian atasnya dilengkapi pula dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan gesper di bagian belakang ransel.

Kantong atas 

Kantong atas merupakan tempat terbaik untuk menyimpan beberapa perlengkapan yang paling sering digunakan, seperti kaos tangan, makanan kecil, topi dan lain - lain. Rangka dalam Tidak seperti rangka luar, rangka dalam sebuah ransel mempunyai fungsi yang lebih baik karena lebih ramping dan makin mendekatkan ransel tersebut dengan punggung pemakai sehingga memperbaiki kestabilan dan kenyamanan. Pada umumnya rangka dalam ini dibuat dengan alumunium ataupun lembaran plastik yang ringan.

Fungsi tambahan lain 

Dengan punggungan yang dapat diatur, tak hanya sobat yang dapat menggunakan ransel tersebut, tetapi juga anggota keluarga atau teman - teman sobat adventure. Di samping itu, sobat tetap dapat memendekkan punggungan itu tanpa merubah kapasitas ransel. Hanya saja pada punggungan yang bisa di setel biasanya mempunyai berat yang lebih dibanding ransel - ransel yang mempunyai punggungan yang tetap.

Pengikat tambahan yang menempel di luar ransel, dapat berfungsi untuk berbagai keperluan, seperti untuk menaruh matras atau perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.


Ransel Khusus Perempuan. 

Perempuan mempunyai punggung yang lebih pendek dibanding laki-laki. Pinggul perempuan juga mempunyai bentuk yang berbeda dengan laki - laki. Tak hanya itu, di bagian dada pun mempunyai bentuk yang berbeda sehingga membutuhkan rancangan dan konstruksi yang berbeda.

Ransel khusus untuk perempuan pada punggung bagian bawah biasanya mempunyai kecenderungan untuk menjauh di bagian pinggul untuk menghindari kontak, sehingga konstruksi tali pinggul harus betul - betul nyaman. Sedang pada bantalan bahu titik awalnya lebih dekat dibanding ransel laki - laki dan bentuknya juga lebih melengkung disesuaikan dengan bentuk umum dada seorang perempuan.


[Sumber http://www.belantaraindonesia.org]
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment