Thursday, March 30, 2017

March 30, 2017
Info Guntur - Libur panjang telah tiba dan saatnya liburan untuk merefres otak. Salah satu kegiatan liburan untuk menenang pikiran adalah dengan berwisata lama seperti hiking dan mendaki gunung. Salah satu gunung di Garut yang menjadi incaran para pendaki adalah Gunung Guntur. Gunung api aktif ini banyak dikunjungi pendaki dari luar Garut. Mungkin banyak sobat paguci yang sudah merncanakan akan mendaki Gunung Guntur dan sedang mencari info terkait statusnya masih ditutup atau sudah dibuka? Postingan kali ini semoga dapat membantu.
[sumber gambar by: http://goatrun.id]
Sudah diketahui dari edaran surat penutupan yang dikeluarkan BKSDA Garut terkait penutupan sementara pendakian Gunung Guntur. Penutupan Sementara Gunung Guntur dari Aktivitas Pendakian resmi ditutup per 18 Januari 2017 lalu. Alasan penutupan TWA Gunung Guntur adalah karena cuaca buruk serta meningkatnya curah hujan.

KEMENTRIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN
DIREKTORAT JENDRAL KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM DAN EKOSISTEM
BALAI BESAR KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA BARAT
BIDANG KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM WILAYAH III CIAMIS

MEMO
Nomor: MM.78/BKSDA.JABAR-5/2017

Kepada Yth. :

  1. Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut
  2. Kepala Resor CA dan TWA Kamojang- Gunung Guntur

Dari: Kepala Bidang BKSDA Wilayah III
Lampiran: Perihal: Penghentian Sementara Aktifitas Pendakian di TWA Gunung ?Guntur

Bersama ini disampaikan untuk dilkasanak bahwa dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut, untuk sementara aktifitas pendakian TWA Gunung Guntur agar dihentikan pertanggal 18 Januari 2017, mengingat:

  1.  Akhir-akhir inicurah hujan cenderung meningkat di berbagaiwilayah dan suhu berubah turun secara signifikan terutama diwilayah dengan ketinggian diatas 600 mdpl.
  2. Kondisi batuan di TWA Gunung Guntur tersusun atas blok lava matrik pasir kasar dan bersifat kurang padu (mudah gugur dan terpecah) Sumber: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Kementrian ESDM Taun 2014, sehingga menurut kami sangat rawan untuk menjadi pijakan para pendaki.
  3. Tingkat kunjungan yang semakin tinggi pada kahir-akhir ini belum diimbangi dengan ketersediaan sarana/prasarana pendukung keamanan dan keselamatan pengunjung/pendaki yang mulai mengarahkan tujuan aktifitasnya ke kawasan Cagar Alam.
  4. Kami akan melakukan evaluasi secara rasional untuk beban pertimbangan aktifitas pendakian sebagaimana dimaksud, dan kepada saudara diminta untuk:


  • a. Tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasa dan menyampaikan himbauan dan sosialisai kepada pengunjung terkait penghentian sementara aktifitas pendakian.
  • b. Meningkatkan koordinasi dengan SKPD terkait dan BPBD setempat.
  • c. Melaporkan segera mungkin kepada kami apabila diperkirakan terdapat atau menumpai hal-hal yang bersifat menganggu/mengancam/merusak/ mngurangi kondisi kawaan

Demikan disampaikan, untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya
Kepala Bidang
TTD

Tembusan Kepada YTH:
Kepala Balai Besar BKSDA Jawa Barat


Selain itu menurunnya suhu, kondisi batuan di sepanjang jalur pendakian, serta meningkatnya jumlah kunjungan pendaki yang tidak disertai dengan sarana penunjang menjadi alasan kuat penutupan.Untuk Info lebih lengkap mengenai informasi penutupan ini silahkan klik sobat bisa mebacanya di (http://jelajahgarut.com/penutupan-sementara-twa-gunung-guntur-aktivitas-pendakian).

Intensitas hujan di bulan ini menentu. Kadang tidak turun sama sekali hingga berhari-hari, kadang hujan seharian gak berhenti. Hingga akhir bulan Maret ini Belum ada informasi mengenai hingga kapan penutupan ini akan berlaku, tapi untuk sobat yang berencana mendaki Gunung Guntur dalam waktu dekat ini, lebih baik diagendakan lagi di lain waktu untuk meminimalisir hal-hak yang tidak di inginkan.

Sekian Info Paguci terbaru mengenai pendakian Gunung Guntur. Segera setelah ada berita resmi pembukaan dari BKSDA Garut akan langsung kita update kembali.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment