Wednesday, April 19, 2017

April 19, 2017
Info Paguci - Kunci sukses sebuah pendakian adalah memulai perencanaan sedini mungkin.Mendaki Gunung bukan sekedar untuk menikmati keindahan Gunung semata. Sebelum mendaki sebuag gunung kita harus membuat rencana terkait peralatan apa saja yang harus kita miliki dan kita bawa ketika mendaki gunung. Peralatan mendaki yang lengkap menjadi faktor utama kesuksessan dalam mendaki gunung. Perlengkapan yang tepat serta memadai merupakan kunci sukses dalam perencanaan perjalanan. Selain harus memahami berbagagai macam teknik mendaki gunung kita juga harus bisa memilih perlengkapan apa saja untuk mendaki gunung.
[Sumber gambar http://ridhopentagrow.blogspot.com]
Cara meilih peralatan untuk mendaki gunung sangatlah mudah dan sederhana apabila dilakukan secara tepat. Pilih peralatan yang praktis dan memiliki banyak fungsi serta sesuakain pula dengan isi kantong kita.

Pilihlah: 
  1. Ransel dengan kondisi baik, jahitan serta pengikat kuat dan nyaman dugunkan. Kapasitas 60-70 Liter, Frame terlindung atau tidak menganggu pergerakan serata memiliki kantong atau saku luar.
  2. Matras dengan ketebalan minimal 3mm dengan lebar 40cm serta panjang 180 Cm. Bukan tikar, bukan polyfoam atau alumunium.
  3. Kompas bidik dengan satuan 360 derajat serta memiliki ketelitian dua derjat. Perputran piringan tidak terlalu cepat dan angka dapat di baca dengan jelas.
  4. Cincin Kait/ Carabiner jenis Scerew (Carabiner Screw Gate) bahan aluminium, tidk berkarat serata memiliki lisensi UIAA.
  5. Webbing, bukan tali tambang atau plastik, jenis tubular, kondisi baik tidak lapuk dengan panjang 4 m serta lebar 27 mm.
  6. Senter yang bukan dari logam, menggunakan dua buah batu besar dan diberi gantungan.
  7. Golok Tebas atau Tramontina yang tajam, bergagang dan bersarung kuat, panjang 30-40 cm.
  8. Pisau pinggang atau pisau lipat yang memliki sarung yang kuat, bukan bayonet  serta tajam untuk memotong, mengiris dan menetak.
  9. Sarung tangan kulit sesuaikan dengan ukuran tangan, tidak kaku, menutupi jari-jari tanagn serta menutupi melebihi pergelangan tangan
  10. Baju lapangan atau PD, kemeja lengan panjang jenis katun yang mudah kering tetapi bukan flanel yang disesuaikan denagn ukuran tubuh.
  11. Celana panjang PDL jenis katun, cepat kering, memiliki saku samping tapi bukan jenisa celana sambung.
  12. Jaket gunung/outdor yang anti air (Watter-proof) yang sesuai dengan ukuran tubuh kita
  13. Gesper atau ikat pinggang yang kuat namun lentur, bukan terbuat dari kulit serta berukuran sedang.
  14. Topi lapangan, topi rimba yang memiliki lubang pentilasi, bertali, bukan bahan dari jeans atau plastik.
  15. Kaos kaki berbahan katun tapi kuat.
  16. Sepatu PDl atau sepatu militer yang berbahan kulit, dan lentur.
  17. Kupluk/ Balaclava dengan bahan semi wol atau polar tapi tidak terlalu tebal.
  18. Perlengkapan memasak, makan dan minum yang terbuat dari alumunium.
  19. Kompor memasak dengan standr militer
Peralatan tersebut bisa didapatkan ditoko-toko outdor. Untuk memiliki semua peralatan tersebut kita harus mengeluarkan uang yang lumyan besar. Untuk mensiasatinya sobat jangan membeli semua peralatan yang baru yang dijual ditoko-toko. Sobat bisa membeli peralatan bekas dengan kulitas yang tidak kalh bagus dengan peralatan yang baru asalkan sobat bisa memilihnya. Apabila ada kegiatan mendaki mendadak sobat bisa meilih barang yang ada dirumah yang sesuai denga kriteria peralatan yang telah disebutkan diatas atau bisa meminjam ke orang yang telah memiliki peralatan yang sudah lengkap.

Setelah kita memilih perlalatan untuk mendaki gunung. Selanjutnya diperlukan perawatan khusus agar gear tetap dalam kondisi prima. Perawatan yang benar akan membuat gear jadi lebih awet dan tentunya bisa menghemat pengeluaran. Kita pun dapat menikmati pendakian dengan tenang dan penuh percaya diri karena yakin bahwa gear kita telah teruji performanya
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment