Sejarah Gunung Cikuray Pertapaan Para Pendeta

Advertisemen
Info Cikuray - Setiap gunung pasti mempunyai misteri, sejarah dengan cerita mitos legenda di dalamnya. Sama halnya dengan gunung-gunung lain, Sasakla Gunung Cikuray memiliki misteri cerita mistis berbau hal-hal gaib seperti munculnya mahluk menyeramkan yang tidak diinginkan. Banyaknya kata kunci yang di ketikan untuk mencari tentang sejarah dan legenda Gunung Cikuray di blog Info Paguci ini mambuat saya mencari informasi tetang hal tersebut.

Sekilas Tentang Gunung Cikuray
Gunung cikuray merupakan gunung yang berada di kabupaten Garut provinsi Jawa Barat. Gunung tertinggi ke 3 di Jawa Barat setelah gunung Pangrango ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 2000 meter diatas permukaan laut (MDPL). Gunung Cikuray merupakan gunung yang sering didaki bagi para pecinta alam terutama bagi para pecinta alam yang berada di kabupaten Garut. Negri diatas awan membuat Cikuray menjadi spot terbaik untuk menikmati luasnya hamparan awan negri para bidadari. 

Sejarah Dan Asal-Usul Gunung Cikuray
Beberapa naskah kuno menyebutkan bahwa Gunung Cikuray sebagai Gunung Larang Srimanganti. Pada abad ke-17, lereng Gunung Cikuraty menjadi mandala, yaitu pusat pertapaan para pendeta dan kegiatan tulis menulis kerajaan Padjadjaran. Di tempat inilah tradisi kerajaan Sunda dalam bidang tulis-menulis berlangsung. Banyak naskah Sunda kuno yang ditulis saat itu dan menjadi pusat penelitian para ahli. Bukti-bukti tertulis mengenai mandala ini masih tersimpan di sebuah cagar budaya Ciburuy di Kecamatan Cigedug.

Sejak abad ke-19 lereng Gunung Cikuray mulai dibuka untuk dijadikan lahan perkebunan teh. Salah satu perkebunan teh yang terkenal pada massa itu adalah Perkebunan Waspada, Perkebunan yang berada di sekitar wilayah Cikajang. Perkebunan ini dikelola oleh Karel Frederik Holle (K.F. Holle) yang dikenal juga sebagai penasihat pemerintah kolonial Belanda untuk urusan masya¬rakat pribumi. Waspada menjadi terkenal karena Holle menjadikan perkebunan ini sebagai tempat bereksperimen yang menggabungkan bisnis dan idealisme kebudayaan dengan tujuan memberdayakan masyarakat pribumi. Mika lahirlah dari tempat ini berbagai inovasi di bidang kebudayaan dan pertanian, di antaranya pembudidayaan ikan air tawar, peternakan domba, dan sistem sengked untuk lahan pertanian.

Banyak hal mistis yang diceritakan para pendakidari berbagai daerah di blognya masing-masing tentang pangalamannya mendaki Gunung Cikuray. Terlepas dari benar atau tidaknya, percaya atau tidak percaya, itu semua kembali pada diri masing-masing. Hal perlu di garisbawahi yaitu sebaiknya kita tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan adat-istiadat kebudayan serta aturan yang berlaku.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger