Cerita Misteri Gunung Merapi Yang Berdar Dikalangan Masyarakat

- May 02, 2018
Gunung Merapi adalah gunung yang terletak di utara kota Jogja tergolong gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Gunung Merapi juga sangat mengundang rasa penasaran dari berbagai pihak lantaran banyak sekali kejadian aneh dan penuh misteri yang berkaitan dengan gunung ini.


Gunung ini juga dikatakan gunung yang unik, tidak seperti gunung berapi lainnya yang bisa dideteksi, gunung Merapi tidak dapat dideteksi oleh para ahli vulkanologi kapan gunung itu akan meletus dan tidak aktip kembali. Gunung ini juga dikatakan unik karena tidak sesuai kriteria gunung berapi lainnya, kalau gunung Bromo setelah meletus gunung tersebut masih aktip tetapi aktivitas gunung akan berkurang, kalau gunung Merapi setelah erupsi dan keluar lava pijar terkadang tingkat keaktifannya masih meningkat sehingga penduduk sekitar gunung Merapi harus mengungsi jauh dari puncak gunung Merapi.

Berikut kisah misteri di gunung merapi

Pasar Bubrah

Di bawah puncak Gunung Merapi terdapat daerah batuan dan pasir yang diberi nama “Pasar Bubrah” oleh masyarakat setempat. Pasar Bubrah dipercaya sebagai tempat yang sangat angker, selain itu, di sana juga dipercaya masyarakat sebagai pasar besar Keraton Merapi dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi milik makhluk halus.

Apabila para pendaki sudah mencapai tempat ini, mereka dihimbau untuk menjadi prilaku dan perkataan, karena dalam kepercayaan masyarakat di sekitar Merapi, apabila ada orang-orang yang tidak sopan kepada ‘makhluk’ yang mendiami tempat tersebut, mereka tidak segan-segan untuk menculik manusia.

Percaya tidak percaya, banyak pendaki yang mengatakan pernah merasakan langsung keberadaan pasar ghaib ini, hal ini diperkuat dari keterangan salah seorang sumber yang mengatakan bahwa misteri pasar ghaib ini kerap dirasakan oleh para pendaki pada malam hari. Bahkan ia pernah merasakan sendiri suasana itu. Pada malam hari di daerah ini, apabila angin mulai bertiup sedikit kencang, akan sangat terdengar suasana ramai layaknya sebuah pasar.

Kaitan Gunung Merapi dengan Kerajaan Mataram

Gunung Merapi diyakini sebagai tempat keraton makhluk halus. Selain itu, dikatakan bahwa Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram, memperoleh kemenangan dalam perang melawan kerajaan Pajang disebabkan dengan bantuan penguasa Merapi. Gunung Merapi yang meletus menyebabkan tewasnya pasukan tentara Pajang dan sisanya lari pontang-panting ketakutan.

Penduduk yakin bahwa Gunung Merapi selain dihuni oleh manusia juga dihuni oleh makhluk- makhluk lainnya yang mereka sebut sebagai bangsa alus atau makhluk halus.

Kerajaan Jin di Gunung Merapi

Menurut sebagian paranormal, di puncak Merapi ada sebuah Keraton yang mirip dengan keraton Mataram, sehingga di sini ada organisasi sendiri yang mengatur hirarki pemerintahan dengan segala atribut dan aktivitasnya. Keraton Merapi itu menurut kepercayaan masyarakat setempat diperintah oleh dua orang, yaitu Empu Rama dan Empu Permadi.

Seperti halnya sebuah pemerintahan, Kepala Negara (Empu Rama dan Empu Permadi) ini mengatur kekuasaannya dengan memberi tugas kepada Kyai Sapu Jagad untuk mengatur keadaan alam Gunung Merapi. Berikutnya ada juga Nyai Gadung Melati, ia bertugas memelihara kehijauan tanaman Merapi.

Ada Kartadimeja yang bertugas memelihara ternak keraton dan sebagai komando pasukan makhluk halus, ia merupakan tokoh yang paling terkenal dan disukai penduduk karena beberapakali memberi tahu kapan Merapi akan meletus dan apa yang harus dilakukan penduduk untuk menyelamatkan diri. Tokoh berikutnya Kyai Petruk yang dikenal sebagai salah satu prajurit Merapi.

Bunker Menangis di Merapi

Gunung Merapi di Jawa Tengah tidak hanya sakral, namun juga diselimuti kisah mistis. Salah satu kisah misteri adalah bunker di Kaliadem. Bunker ini merupakan bunker yang menjadi tempat 2 orang relawan berusaha melindungi diri dari terjangan wedhus gembel. Namun, ternyata mereka malah terpanggang di dalamnya.

Menurut warga yang biasa mengantarkan wisatawan ke sekitar Merapi, di Bunker Kaliadem kerap terdengar suara tangisan bila waktu mulai memasuki malam.

Percaya tidak percaya, suasana di dalam bunker Kaliadem memang begitu suram dan menyedihkan. Dengan adanya kejadian naas yang menimpa dua sukarelawan di dalam bunker, semakin menambah misteri yang ada di Gunung Merapi.

Batu Erry

Di antara misteri gunung Merapi selanjutnya adalah mengenai batu menjulang tinggi di puncak Merapi yang menjadi lokasi Erri Yunanto, 21, berfoto dan terpeleset jatuh ke kawah beberapa bulan yang lalu.

Di lokasi batu menjulang yang mirip tebing itu dulu ada batu yang mendapat sebutan “Puncak Garuda’. Hanya saja, Puncak Garuda itu hilang atau luluh karena letusan dahsyat Merapi di tahun 2010.

Nah, bau-bau mistis pun muncul. Pasalnya, batu yang dijadikan lokasi Erri berfoto itu, bentuknya mirip sekali dengan Puncak Garuda yang sudah hilang sebelumnya.

“Batu itu menurut saya aneh sekali. Saya amati, bentuknya itu mirip sekali dengan Batu Garuda yang lama, yang sudah hilang. Saya sendiri juga ndak tahu sejak kapan ada batu itu,” ungkap Triyono, seorang tour guide Merapi yang juga warga desa Lencoh, Selo, Boyolali.

Batu Alien

Batu yang menyerupai wajah manusia ini menimbulkan misteri tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang menengok Merapi. Batu ini mulai muncul setelah erupsi Merapi tahun 2010 yang memang itulah letusan terdahsyat yang pernah ada. Batu-batu sebesar rumah lompat dari kawah merapi menerjang pemukiman penduduk. Batu ini termasuk salah satunya.

Demikian kisah misteri di gunung merapi yang cukup menarik yang bisa kami sajikan, dan mungkin masih ada banyak cerita-cerita mister di gunung merapi yang belum terdapat di artikel ini. Intinya pada para pendakia khususnya pemula mari menghargai mahluk yang tidak bisa kita lihat langsung dan ojo sembrono.

1 komentar:

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search