Misteri Gunung Slamet, Dan Terbelahnya Pulau Jawa

- May 09, 2018
Gunung slamet sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau jawa. Gunung ini berada diperbatasan kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, Provinsi Jawa Tengah dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta tertinggi kedua di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif sampai pada level siaga medio-2009.


Sunung Slamet cukup terkenal sebagai target pendakian meskipun medannya dikenal susah. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturaden yang menjadi andalan kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto, dan pada Kabupaten Tegal terdapat pemandian air hangat guci yang cukup populer juga.

Kisah Mistis Gunung Slamet

Secara harfiah gunung yang memiliki puncak 3.428meter diatas permukaan laut ini tak ubahnya adalah gunung berapi yang memiliki panorama alam yang tak kalah dengan gunung Semeru. Namun dibalik pesonanya gunung Slamet pun dipercaya menyimpan segelintir kisah horor di kalangan masyarakat sekitar maupun para pendaki.

Bagi warga sekitar gunung Slamet dianggap sebagai gunung agung, konon gunung ini punya sejarah panjang akan masuknya agam Islam di Indonesia. Kepercayaan ini pun tertuang dengan jelas dalam naskah kuno yang kini tersimpan rapih di salah satu universitas ternama di Inggris. Berdasarkan kisah legenda, gunung ini diberi nama Slamet karena konon gunung ini selalu memberikan rasa aman bagi warga sekitar, bahkan menurut kisah juru kunci saat meletus gunung Slamet tidak akan mencelakai warga sekitar.

Gerbang Kerjaan Gaib

Ada beberapa kisah horor yang berselimut rapih di balik keindahan alamnya, salah satu kisah yang paling santer terdengar adalah kisah mengenai gerbang kerajaan gaib yang ada di jalur pendakian yang dikenal dengan nama jalur bambangan. Menurut kisah jalur ini punya dua pohon besar yang menjadi gerbang menuju kerajaan jin yang berkuasa di gunung slamet. Kisah mengenai gerbang kerajaan ini banyak dipercaya oleh para pendaki dan khususnya warga sekitar, menurut mereka saat melintasi jalur ini para pendaki di wajibkan untuk menjaga sikap mereka agar tidak mengganggu para penjaga gerbang.

Keangkeran Pos Samaratu

Masih di jalur bambangan, menurut kisah setelah melewati dua pohon besar maka para pendaki akan berhadapan dengan pos V atau yang akrab disebut pos Samaratu. Menurut kisah pos ini merupakan titik persinggahan paling angker di gunung slamet. Setidaknya hal tersebut sudah kerap dibuktikan oleh sejumlah pendaki, konon di pos ini di huni oleh satu sosok jin yang sering memberi nuansa horor seperti suara-suara mistis hingga beberapa kejadian aneh lainnya. Sampai sekarang ini para pendaki dikisahkan belum ada yang berani mendirikan tenda di pos Samaratu.

Kisah Pesugihan

Kepercayaan masyarakat sekitar dengan menganggap gunung Slamet sebagai salah satu gunung yang sangat sacral pun memiliki peran tentang banyaknya kehadiran ritual-ritual gaib. Salah satu ritual yang dikisahkan selalu ada di gunung slamet adalah kisah tentang pesugihan ai terjun Guci. Menurut kisah yang beredar pesugihan di air terjun ini tak ubahnya seperti pesugihan lainnya, orang-orang yang melakukannya adalah mereka yang ingin meraih kekayaan dengan jalan singkat asal mereka rela memberi nyawa salah satu keluarga mereka sebagai tumbal. Banyak yang percaya jika di air terjun ini di huni oleh satu sosok makhluk gaib berwujud naga, konon ia akan memberi apa saja permintaan asal satu nyawa manusia sebagai gantinya.

Mitos Mengerikan

Di balik kisah horornya ada satu mitos yang juga banyak dipercaya kalangan, menurut kisah legenda jika gunung Slamet meletus maka pulau Jawa akan terpisah menjadi dua.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search