Simaksi Gunung Semeru: Cara Booking Pendaftaran Online-Tutorial Lengkap

Sebenarnya telah banyak blog dan website yang telah membahasa tentang simaksi Gunung Semeru, bagaimana cara booking pendaftaran online. Berkaitan dengan hal tersebut Info Paguci juga akan membagikan tips, cara, atau panduan cara booking online pendakian Gunung Semeru. Jadi untuk Anda yang belum mengetahui info tentang sejarah, lokasi, kenekaragaman flora dan fauna dan semua yang berkaitan dengan Gunung Semeru, maka Anda bisa membacanya terlebih dahulu pada postingan sebelumnya yaitu dengan judul " Gunung Semeru-Info Terbaru Tiket, Lokasi, Jalur Pendakian, Legenda Lengkap" Silahkan baca! semuanya sudah dibahas secara lengkap.

Gunung Semeru merupakan gunung yang populer dikalangan pendaki, maka tak heran jika Gunung Semeru menjadi gunung pavorit, dan oleh sebab itu gunung ini sering kali dikunjungi oleh banyak pendaki setiap tahunnya. Dengan semakin berkembanya dunia internet, maka untuk pendaftaraan pendakian Gunung Semeru sudah dapat dilakukan melalui online. Pada postingan ini akan dibahas poin-poin sebagai berikut:
  1. Cara Pendaftaran
  2. Jumalah Kuota Pendakian
  3. Tarif Dan Pembayaran Tiket Masuk
  4. Pelaksanaan Pendakian
  5. Aturan Dan Larangan
  6. Sanki Pelanggaran
  7. Ceklist Persyaratan Pendakian
  8. Persetujuan

1.Bagaimana Cara Pendaftaran Pendakian Gunung Semeru?
Cara pendaftaran pendakian Gunung semeru sudah bisa dilakukan secara onilne. 
Pendaftaran/reservasi pendakian di Balai Besar TNBTS dilaksanakan dengan sistem online, dengan ketentuan sebagai berikut :

Untuk tutorialnya bisa dilihat di bawah postingan.

2.Berapa Jumlah Kuota Pendakian Perharinya?
Jumlah pendaki pendakian di TNBTS ditetapkan dengan sistem kuota yaitu sebanyak 600 orang/hari melalui pintu masuk Ranu Pani.
3. Berapa Tarif Dan Pembayaran Tiket Masuk
Setiap pendaki di kawasan TNBTS dikenakan tarif karcis masuk sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 12 tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan. Bila terdapat aturan / kebijakan baru tentang tarif karcis masuk di kawasan konservasi, maka tarif karcis pendakian di TNBTS akan disesuaikan sebagaimana peraturan terbaru tersebut.

4.Kapan Pelaksanaan Pendakian?
A.Bukti konfirmasi menjadi alat bukti masuk ke dalam kawasan ketika melewati pintu masuk Coban Trisula, Wonokitri dan Tengger Laut Pasir;
B. Bukti konfirmasi menjadi alat bukti pengambilan karcis masuk pada pintu masuk Ranu Pani;
C. Calon pendaki yang telah mengambil karcis masuk, menyerahkan bukti transfer dan bukti konfirmasi kepada petugas;
D. Selain memiliki karcis masuk, calon pendaki wajib memiliki surat izin pendakian bermaterai (biaya materai ditanggung pendaki);
E.Persyaratan memperoleh surat izin pendakian :
F. Batas lama pendakian yang diizinkan di TNBTS maksimal adalah 4 (empat) hari dan 3 (tiga) malam;
G. Pendaki yang melakukan tujuan khusus seperti penelitian, pengambilan foto untuk tujuan komersil, pembuatan video/film dan lain-lain, harus mengurus SIMAKSI ke kantor Balai Besar TNBTS;
H. Pendaki yang menggunakan peralatan drone wajib mendapatkan izin dari Balai Besar TNBTS.
I. Ditetapkan 2 (dua) mekanisme penutupan jalur pendakian Gunung Semeru yaitu rutin dan insidentil. Kepastian waktu pelaksanaan penutupan ditetapkan oleh Kepala Balai Besar TNBTS dan diumumkan melalui Website dan atau media lainnya.
Penutupan jalur pendakian secara rutin dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 tahun untuk pemulihan ekosistem kawasan.
Penutupan pendakian juga dilakukan sewaktu-waktu oleh Balai Besar TNBTS bila diperlukan. Pendakian akan ditutup sementara bila terjadi bahaya longsor, badai, angin ribut, kegiatan SAR dan kebakaran hutan untuk melindungi pendaki dari bahaya kecelakaan.
J. Dalam rangka pengamanan pendakian dan perlindungan keanekaragaman hayati, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
K. Selesai pendakian wajib menunjukkan surat izin pendakian, karcis dan sampah.
L. Demi kenyamanan dan keamanan, setiap pendaki diwajibkan untuk menggunakan :
M. Pendaki yang tidak menggunakan kendaraan pribadi akan dilayani oleh paguyuban jasa wisata Tumpang perjalanan dari Tumpang menuju Ranupani dan dilayani oleh paguyuban jasa wisata Ranupani untuk perjalanan dari Ranupani menuju Tumpang/Senduro.
5. Apa Saja Aturan Dan Larangan?

6.Apa Sangsi Jika Melakukan Pelanggaran?
Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana poin 1 sampai dengan 8 akan dikenakan sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku pada:
Barang siapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap larangan-larangan sebagaimana poin 9 sampai dengan 17 akan dikenakan sanksi mulai dari pembinaan sampai dengan blacklist untuk memasuki kawasan pendakian gunung Semeru yang lamanya disesuaikan dengan tingkat pelanggaran.

7. Apa Saja Ceklist Persyaratan Pendakian?

8. Bagaimana Persetujuannya?
Setelah Anda memahami, menyetujui, syarat dan ketentuan-ketentuan di atas: maka Anda baru bisa mendaftar

Namun sebelum mebahas semua poin tersebut, kita akan memandu Anda untuk bisa mendaftar pendakian Gunung Semeru langkah demi langkah lengkap dengan gambar. 

Panduan Booking Online Mendaki Gunung Semeru
Sebelum melakukan registrasi, bagi setiap kelompok atau individu pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Bromo Tengger Semeru untuk mencermati tata cara regitrasi dengan seksama. Kewajiban dan Larangan merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan calon pendaki untuk mendapatkan SIMAKSI ( Surat Izin Memasuki Kawasan Konservasi ). Berikut adalah alur/tata cara pendaftaran online mendaki gunung semeru.

1. Ketik di mesin pencarian google dengan kata kunci: Simaksi Gunung Semeru, atau langusng kunjungi link berikut ini: https://booking.bromotenggersemeru.org/
kemudian akan muncul web situs, kemudian baca dengan sekasama tentang persyaratan, peraturan pendakian dan larangan selama pendakian, kemudian scrol ke bawah samapai dengan tampilan halaman seperti pada gambar di bawah ini
Tampilan halaman booking online 
Setelah itu klik pada "Pendakian Semeru" yang ditandai warna merah pada gambar. atau klik link berikut ini: http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/
Anda akan diarahakan menuju halaman seperti pada gamabar di bawah ini
Tampilan halaman booking online 
Scrol keatas kemudian bacalah semuanya secara sekasama, Tampilan dan isi teks sama dengan yang telah dijelaskan di atas.
Persyaratan Pendakian Gunung Semeru
Tentukan Bulan dan Tanggal Anda akan mendaki:
Setelah semua persyaratan terpenehui dan anda menyetujuinya, kemudian klik daftar. Setelah itu Anda akan diarahakan ke halaman seperti pada gambar dibawah
Informasi Kapasitas Pendakian Gunung Semeru
Formulir Pendaftaraan Booking Online Pendakian Gunung Semeru:
Selanjutnya pilihlah tanggal yang Anda inginkan atau yang sudah Anda rencanakan. Pada tampilan tabel halaman terlihat ditanggal berpa saja kuota yang masih kosong dengan meng klik angka jumlah kuota. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman baru dimana dihalaman tersebut ada formulir pendaftaran yang harus di isi. berikut contoh gambarnya:
Formulir Pendaftaraan Booking Online Pendakian Gunung Semeru
Semua data-data yang harus di isi meliputi: 
Siapkan akun email yang aktif untuk nantinya ferivikasi nomor booking Anda dari admin bromotenggersemeru. Jika Anda ingin membawa rombongan pendakian, isikan form tambah anggota pada tombol yang telah disediakan. Pada gambar kedua, yang dilingkari pada nomor 2 nanti akan muncul harga yang harus Anda transfer.
Formulir Pendaftaraan Booking Online Pendakian Gunung Semeru2
Cek Email dan Transfer Antar Bank Supaya Lebih Mudah
Setelah mengisi semua from biodata serta data anggota dengan komplit, Anda selanjutnya akan mendapat email dari admin bromotenggersemeru tentang besar anggaran  beserta kode bookingnya. Lalu transferlah sebesar anggaran yang ditentukan.

Cek Email Ferivikasi dan Cetak Bukti Pembayaran dan Surat Kelengkapan
Cek kembali email Anda, setelah itu cetaklah email bukti pembayaran dan kelengkapan Anda yang nantinya akan dibawa dan di cek sebelum pendakian.

Bawalah cetakan bukti pembayaran tersebut yang akan dicek di Pintu Pendakian

Syarat Pendakian :

Demikianlah mengenai Simaksi Gunung Semeru yang meliputi cara booking pendaftaraan onilne dengan tutorialnya lengkap.

Labels: , , ,