Kebun Raya Bogor Kebun Raya Tertua Di Dunia

- May 12, 2018
Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani buatan yang begitu besar yang berada di Kota Hujan Bogor Jawa Barat. Di sekitar taman wisatawan dapat menemukan pusat-pusat ilmu pengetahuan pertanian terkait seperti Herbarium Bogoriense, Bogor Zoological Museum dan sebagainya. Salah satu yang menarik di Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai atau amorphophallus titanium yang terkenal dengan bau yang sangat buruk. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian dua meter dan merupakan jenis terbesar dari tanaman berbunga. Kebun Raya Bogor terletak di area seluas 87 hektar menawarkan kepada Anda keberadaan 400 jenis pohon palem, 5.000 pohon dari sekitar negara tropis, dan rumah bagi 3.000 varietas anggrek. Bayangkan dalam jumlah sedemikian rupa yang menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai pelabuhan untuk 3.504 jenis tanaman di 1.273 genera dan 199 spesies.
"Ini bukan taman biasa! Ini adalah salah satu kebanggaan Indonesia dan salah satu kebun terbaik di dunia "
Lokasi Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya besar yang terletak di kota hujan Bogor Jawa Barat. Lokasi tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 13 Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Bogor khusus untuk sekali dikenal sebagai "Buitenzorg" dari "Perawatan Gratis". Kota dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun dan iklim yang lebih dingin dari Jakarta. Umtuk lokasi yang lebih jelasnya bisa dilihat pada google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/goqo9mkn3mv




Alamat:


Koleksi Unggulan Di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa koleksi menarik, yaitu bunga korpus atau bunga titan arum (Amorphophallus titanum Becc.) Yang merupakan perbungaan dunia yang ketinggiannya bisa mencapai 3 meter. Pada saat mekar, ia menyebarkan bau bangkai sehingga mengundang serangga untuk membantu penyerbukan.
Kelapa sawit (Elaeis guinensis) adalah salah satu komoditas pertanian yang dibawa dari Afrika Barat ke Indonesia dan bibit yang awalnya dikembangkan di Kebun Raya Bogor. Unggulan selanjutnya yaitu induk kelapa sawit sawitse-Asia Timur. Yang lebih menarikmenarik! Mengunjungi rumah anggrek di mana ada sekitar 10.000 spesimen koleksi anggrek Kebun Raya Bogor ditampilkan di ruangan yang dilengkapi dengan sistem fogging sebagai pengatur kelembaban.



Sejarah Singkat Kebun Raya Bogor

Kebun raya ini adalah hasil inisiasi oleh Sir Thomas Stamford Raffles (1811-1816). Waktu Raffles adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda membawa tanaman dari Kew Botanical Gardens di Inggris kemudian menanam kebun ini. Raffles pertama hanya membuat kebun kecil untuk mengingatkan istrinya.
Kebun Raya Bogor kemudian diperluas dan dikembangkan hingga peresmian awal 18 Mei 1817 dengan nama aslinya s'Lands Plantentuin te Buitenzorg. Ahli botani berperan penting dalam mendirikan Prof. Dr. C. G. C. Reindwart orang Jerman. Kebun Raya Bogor pada awalnya merupakan pusat pengenalan berbagai pertanian tanaman ekonomi penting dan sekarang berfungsi sebagai tempat untuk konservasi tanaman dan pusat penelitian untuk taksonomi dan pemanfaatan tanaman. Dalam hortikultura, kebun berfungsi sebagai studi tentang adaptasi tanaman, penanaman dan pengembangan tanaman.

Jasa Dan Fasilitas Di Kebun Raya Bogor

Beberpa jasa dan fasilitas yang disediankan di Kebun Raya Bogor diantaranya:

  • Pelayanan Penelitian
PKT Kebun Raya-LIPI sebagai lembaga konservasi exsitu yang salah satu Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungis) adalah penelitian, menyediakan pelayanan untuk mahasiswa dan peneliti yang akan mengadakan penelitian mengenai tumbuhan atau manajemen yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Tujuan dari layanan ini adalah Memfasilitasi pelanggan untuk memperoleh data dan informasi yang akurat. Dasar hukum yang dijadikan acuan adalah PP No. 106 Tahun 2012 tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Untuk info lebih lengkap mengenai prosedur pengajuan penelitian di PKT Kebun Raya Bogor bisa dilihat Disini.
  • Jasa Ilmiah
Selain pelayanan penelitian, ada juga jasa ilmiah yang terbagi kedalam beberpa kategori, meliputi:

1.Identifikasi Tanaman
Identifikasi Tanaman merupakan suatu proses pengenalan tanaman untuk mengetahui jenis tanaman secara detail dan lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tujuan dari identifikasi tanaman untuk memfasilitasi siswa, mahasiswa, peneliti atau umum yang memerlukan kejelasan tanaman (identifikasi) dalam rangka diseminasi ilmu pengetahuan. Untuk Pemesan fasilitas Identifikasi Tanaman secara online bisa klik disini.
2.Herbarium
Herbarium merupakan koleksi spesimen tumbuhan yang diawetkan terutama untuk tujuan ilmiah dalam botani. Herbarium Hortus Botanicus Bogoriense adalah rumah bagi 50.000 spesimen tumbuhan yang diawetkan, yang sebagian besar adalah yang kering dan ditekan. Herbarium juga menyimpan koleksi-koleksi kayu, koleksi kayu dan koleksi roh dari tanaman hidup Garden. Informasi pengumpulan disimpan dengan spesimen ini memberikan gambaran penting tentang apa yang tumbuh spesies tanaman di Kebun Raya Bogor lembur. Herbarium Virtual Hortus Botanicus Bogoriense (HBBVH) adalah sumber online yang menyediakan akses cepat ke informasi yang tak ternilai ini. Untuk lebih lengkapanya mengenai Herbarium Kebun Raya Bogor bisa anda lihat disini.
3. Perpustakaan
Perpustakaan Kebun Raya Bogor menyediakan literatur  dalam bidang botani, perkebunrayaan, tanaman langka, konservasi tanaman, biologi tanaman, fisiologi tanaman, sistematika tumbuhan, dan ekologi tumbuhan.  Beragam jenis koleksi yang dimiliki perpustakaan seperti; buku, jurnal, skripsi, tesis, dan laporan eksplorasi, dan lain-lain Jelajahi kekayaan flora nusantara di situs resminya di http://perpustakaan.krbogor.lipi.go.id

4. Bank biji
Penyimpanan biji di fasilitas bank biji merupakan salah satu strategi konservasi ex situ di Kebun Raya-Kebun Raya dunia.  Kebun Raya Bogor – LIPI sbagai bagian dari komunitas Kebun Raya dunia juga memiliki Unit Bank Biji di Sub Bidang Seleksi dan Pembibitan.  Koleksi-koleksi biji di Unit Bank Biji berfungsi sebagai  complementary collections, yaitu duplikat dari tanaman-tanaman koleksi kebun raya, dan active collections, yaitu sebagai material pelayanan permintaan biji-biji untuk keperluan berbagai kegiatan di Kebun Raya Bogor seperti penelitian, reintroduksi, pembangunan Kebun Raya Daerah, tukar-menukar biji dengan kebun raya luar negeri (seed exchange) dan memenuhi kebutuhan biji untuk program rehabilitasi lahan/penghijauan serta penyediaan untuk keperluan masyarakat umum.Untuk alamat website Bank Biji silahkan klik disini atau Permintaan material biji secara online klik disini.

  • Guest House Pinus Kebun Raya Bogor
Penginapa yang terletak dekat Jalan Astrid dibuat saat kunjungan Ratu Astrid dari Belgia tahun 1929, rumah anggrek, lapangan Stropanthus (Lapangan Randu) dan lokasi Cafe de’Daunan. Anda akan  merasa berada di rumah sendiri dengan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan membuat suasana kekeluargaan semakin hangat. Menyajikan keteduhan pohon-pohon pinus yang menghadirkan semilir angin pegunungan. Akses pintu keluar dekat kampus IPB Baranangsiang memudahkan Anda menuju lokasi beberapa outlet di sekitar Jalan Pajajaran.

Keterangan:
  • Kamar dengan tempat tidur double bed, meja rias, lemari pakaian meja kerja.
  • Kamar dengan tempat tidur single bed, meja rias, lemari pakaian, meja kerja.
Fasilitas:
Kamar 1 dan 2 dilengkapi dengan water heater dan bath tub, kamar 3 dan 4 tersedia shower. Terdapat TV dan kulkas di ruang keluarga.
Harga:
Rp 500.000,-/kamar/2 orang*
Rp 2.500.000,-/rumah
Extra Bed Rp 100.000,-/hari

*Termasuk sarapan pagi & tiket masuk Kebun Raya Bogor Pemesanan Online Wisma Tamu bisa klik disini. Harga Sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya peberitahuan terlebih dulu.


DAFTAR TARIF PEMAKAIAN FASILITAS DI KEBUN RAYA
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
Nomor: 32,  Tahun 2016

URAIAN
KETENTUAN
HARGA
PEMOTRETAN
-    Komersial/kalender/iklan
-    Pengantin/pribadi/nonkomersial

-  5 mobil + 10 orang
-  3 mobil + 10 orang

Rp.  3.500.000,-
Rp.     750.000,-

PERNIKAHAN   (tidak berlaku hari libur)
Undangan


Sewa area (fasilitas):
Lapangan Kelas I
(Lapangan di depan Grand Garden Cafe)
-    s.d.  kapasitas 250  undangan
-    s.d.  kapasitas 500  undangan  
-    s.d. kapasitas  750  undangan
-    s.d. kapasitas 1000 undangan
-    s.d. kapasitas 1250 undangan
-    s.d. kapasitas 1500 undangan

Lapangan Kelas II
(Lapangan Guest House Nusa Indah, lapangan Randu, lapangan Astrid)
-    s.d.  kapasitas 250  undangan
-    s.d.  kapasitas 500  undangan  
-    s.d. kapasitas  750  undangan
-    s.d. kapasitas 1000 undangan
-    s.d. kapasitas 1250 undangan
-    s.d. kapasitas 1500 undangan
Berlaku tiket seperti biasa:
-  Tiket Mobil
-  Tiket Orang



    Rp.   30.000,-                                Rp. 14.000,-                            

   

Rp.  5.000.000,-
Rp.  7.500.000,-
                                Rp.10.000.000,-
Rp.12.500.000,-
Rp.15.000.000,-
Rp.17.500.000,-



                           
Rp.  4.000.000,-
Rp.  6.000.000,-
Rp.  9.000.000,-
Rp.11.500.000,-
Rp.13.000.000,-
Rp.15.000.000,-

SHOOTING*
-    Shooting sinetron/film
-    Shooting iklan
-    Shooting video klip
-    Shooting film dokumentasi/non komersial
-    Shooting film pendidikan
 * Syarat dan ketentuan berlaku


-  15 mobil  +   25 orang
-  20 mobil  +   30 orang
-  10 mobil  +   20 orang


Rp.  7.500.000,-
Rp.  7.500.000,-
Rp.  3.500.000,-
Rp.  1.500.000,-
Rp.  1.500.000,-

PROMOSI
Produk komersial


Per hari
      
Rp. 1.500.000,-
GEDUNG KONSERVASI

-    Lantai 3, ruang besar
-    Ruang kecil



Kapasitas 120 orang
Kapasitas   20 orang

  

Rp.  3.000.000,-
Rp.  1.000.000,-

GUEST HOUSE
-    Guest House Pinus I



-    Guest House Pinus II



Per rumah
Per kamar
Teras

Per rumah
Per kamar
Teras

Rp. 2.500.000,-
Rp. 500.000,-
                                Rp. 1.000.000,-

                              Rp.  2.000.000,-       Rp.    500.000,-
Rp. 1.000.000,-


Tempat Menarik Yang Bisa Dikunjungi Di Kebun Raya Bogor

Ada beberapa tempat yang bisa wisatawan kunjungi selama berada di kawasan Kebun Raya Bogor. Selain itu   disini juga sudah dilengkapi dengan rumah makan dan tempat ibadah seperti:

Grand garden caffe-Dimana tempat ini cocok bagi Anda yang ingin menikmati kuliner tradisional maupun eropa, sambil bersantai ditemani suasana hijau yang di kelilingi pepohonan dengan hamparan lapangan hijau yang luas, dimana di lapangan tersebut terdapat kolam yang berisi hiasan bunga teratai disertai gemericik air mancur. Grand garden caffe melayani pengunjung mulai dari pukul 09.00-22.00. Hidangan utama yang ditawarkan berupa masakan tradisional dan eropa. Serta tersedia minuman dingin dan minuman hangat.Ditempat ini pengunjung bisa memilih spot yang disediakan oleh grand garden caffe, yaitu spot outdoor dan indoor, pada spot outdoor tersedia payung tenda dihiasi patung dengan tanaman yang indah pada halamannya. Sedangkan pada spot indoor, pengunjung dapat menggunakan long table (meja panjang) agar bisa berkumpul sambil menikmati hidangan bersama teman dan keluarga.  Menjelang malam hari, tempat ini di lengkapi oleh hiasan lampu yang cantik serta lampu lilin yang melengkapi suasana malam di tengah lingkungan yang natural dengan teman atau keluarga anda.

Baca Juga:
Info Lengkap Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi
Taman Nasional Baluran - Info Tiket Masuk & Harga Penginapan Lengkap

kantin Dharma Wanita Persatuan (DWP)-Kantin DWP terletak di sebelah pintu gerbang utama kebun raya bogor, tepatnya di bawah gedung graha sabrama. kantin DWP mulai melayani pengunjung dari pukul 08.00-16.00. Disamping itu, kantin ini memiliki fasilitas payung tenda untuk spot outdoor dan beberapa meja persegi di lengkapi empat bangku pada setiap mejanya, serta long table (meja panjang) pada spot indoor. Kantin DWP memiliki hidangan utama, cemilan, dan minuman. serta Tersedia westafel khusus untuk pengunjung .

Cafe kenari-cafe kenari bisa di temui tidak jauh dari lokasi gerbang utama kebun raya bogor, tepatnya di jalan kenari 1 di sebelah garden shop. Cafe ini mulai melayani pengunjung dari pukul 08.00-16.00, cafe kenari menyediakan makanan utama, cemilan, dan aneka minuman. pengunjung yang datang bisa memilih tempat makan yang di sediakan oleh cafe kenari, yaitu gasibu dan payung tenda yang bisa di pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan pengunjung saat menikmati hidangan cafe kenari.

Gedung Konservasi
Gedung konservasi terletak  dekat dengan lokasi garden shop, pengunjung bisa berjalan ke arah kiri pada perempatan jalan pertama setelah lurus melewati pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor. Pada gedung konservasi terdapat 3 lantai, masing-masing lantai terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsi berbeda, ruangan tersebut memiliki ukuran yang agak besar dan sedang, diantaranya :
  • Lantai pertama terdapat 3 ruangan untuk divisi pengurus Kebun Raya Bogor, yaitu divisi Sub Bagian Jasa dan Informasi serta terdapat satu perpustakaan Kebun Raya Bogor yang beroperasi setiap hari kecuali pada hari sabtu dan minggu serta pada hari-hari besar.
  • Pada lantai 2 terdapat satu  aula yang biasanya digunakan untuk presentasi dalam bentuk Audiovisual. presentasi tersebut memuat beberapa informasi diantaranya :  pengenalan lingkungan Kebun Raya Bogor, koleksi keanekaragaman tanaman di Kebun Raya bogor, serta beberapa sejarah yang terdapat di dalamnya. Ruangan ini memiliki kapasitas kurang lebih 50 orang dengan dilengkapi 2 toilet yang terdapat di luar aula, masing masing di sediakan untuk pria dan wanita.  Pada ruangan tersebut juga disediakan beberapa alat untuk melengkapi kegiatan presentasi yaitu proyektor, ac, dan sound sistym.
  • Pada lantai 3 terdapat 3 ruang pertemuan diantaranya Ruangan A, B, dan C. pada ruangan A memiliki kapasitas 100 tempat duduk, sedangkan pada ruangan B dan C  memiliki kapasitas 25 tempat duduk. Masing-masing ruangan dilengkapi dengan sound system, meja dan proyektor yang sesuai dengan kegiatan workshop, rapat, maupun kegiatan seminar.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor : 75, Tahun 2007.
URAIAN
REGULATION
HARGA (Rp.)
Ruang audiovisual (Lantai 2)

     Kapasitas 50 orang
1.500.000,-
Ruang A (Lantai 3)
Kapasitas 200 orang
3.000.000,-
Ruang B dan C (Lantai 3)
Kapasitas 25 orang
500.000,-

Wisata Flora Kebun Raya Bogor
Melalui paradigma barunya saat ini Kebun Raya tidak hanya sebagai obyek wisata dan tempat koleksi tumbuhan semata, namun juga sebagai ajang pendidikan lingkungan. Karena itu dalam Kebun Raya disediakan berbagai sarana yang dapat menunjang kegiatan pendidikan lingkungan, seperti papan-papan interpretasi, Program Wisata Flora, pemanduan keliling, serta bimbingan pelajar dan mahasiswa.

Ada beberapa jenis paket wisata flora di Kebun Raya Bogor, diantaranya: Wisata Flora Tingkat Taman Kanak-kanak, Wisata Flora Tingkat Sekolah Dasar, Wisata Flora Tingkat SMP-SMA, Modul Tambahan dan Program Khusus. Untuk lebih lengkapnya bisa anda lihat disini.
Mobil Wisata dan Sepeda
Umumnya para pengunjung Kebun Raya Bogor akan  merasa lelah setelah berjalan kaki untuk menikmati suasana di dalamnya. Maka dari itu pihak pengelola menyediakan jasa kendaraan wisata serta penyewaan sepeda untuk pengunjung. Pengunjung bisa datang ke tempat jasa kendaraan wisata yang berada di jalan kenari 1 tepatnya di dekat lokasi kolam gunting dan tugu Rafles.
Agar pengunjung merasa nyaman saat berkeliling di Kebun Raya Bogor, Kendaraan wisata didesain dengan tempat duduk yang berderet menyamping, kondisinya terbuka serta dilengkapi atap pada setiap unitnya, dan Pada setiap kendaraan disediakan 5 sampai dengan 7 tempat duduk untuk pengunjung. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihatnya disini.

Garden Shop Kebun Raya Bogor
Terletak di dekat pintu gerbang utama Kebun Raya Bogor, menjual bibit tanaman hias, tanaman langka, anggrek botolan, buku-buku ilmu pengetahuan, kompos dan aneka souvenir lainnya. Informasi lebih lanjut menghubungi email : yupinurfauzi@yahoo.com, HP : 08128488173.
Masih banyak informasi lainnya yang belum disebutkan dalam postingnan ini. Namun jangan khawatir anda bisa menemukan informasi yang lebih lengkap dengan mengunjungi web situs resminya langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap megenai semua hal yang berkaitan dengan Kebun Raya Bogor di http://krbogor.lipi.go.id Artikel dalam blog ini sebagian besar diambil dari situs web resminya.




EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search