Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta Yang Menggugah Selera

- May 11, 2018
Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke-kota Jogja tanpa merasakan kelezatan aneka kulinernya. Selain kaya dengan tempat wisata Yogyakarta juga kaya akan  kuliner-nya yang melegenda, kebanyakan kuliner di yogya merupakan kuliner khas asli warisan simbah “leluhur” secara turun temurun. Seperti halnya Mie lethek, Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta ini mungkin masih terdengar asing di telinga kamu yang bukan domisili di Yogya.


Secara bahasa Mie lethek berarti mie yang berwarna kusam, tapi jangan lihat warna letheknya"kusam" ya, pasalnya jika mie ini telah di olah oleh sang koki menjadi olahan mie lethek, hem, kamu gak bakal tahan dengan nikmatnya menyantap mie lethek ini.


Bahan Pembuatan Mie lethek Kuliner Khas Bantul Yogyakarta

Meskipun mie ini lethek bukan berarti mie ini kotor ya, melainkan lethek ”warna kusam” karena proses dan bahan dari mie lethek ini yang menjadikan mie ini berwarna kusam, selain itu mie lethek ini juga sangat sehat di konsumsi karena sama sekali tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna apapun jadi masih alami ya, adapun bahan dari mie lethek adalah campuran dari tepung singkong dan gaplek sehingga warnanya terlihat lethek seperti namanya.

Mie lethek ini hampir sama dengan mie bihun cuma bedanya tekstur mie lethek lebih kenyal dari mie bihun. Tidak seperti mie bihun yang dijual dipasar tradisonal maupun swalayan. Cara pembuatannya pun sama dengan mie bihun ada yang digoreng dan ada yang direbus.

Bumbu untuk membuat mie lethek pun juga sederhana yaitu bawang putih, kemiri,garam, dan merica. Jika ingin lebih nikmat lagi bisa ditambahkan dengan suwiran ayam dan telur bebek .

Sajian mie lethek biasanya di sandingkan dengan wedang uwoh atau teh poci, Mie lethek ini paling enak di nikmati selagi masih hangat ya, kuahnya yang terbuat dari kaldu ayam kemudian di campur dengan telur dan suiran daging ayam semakin menambah nikmat cita rasa dari mie lethek ini.

Banyak sekali warung yang menjajakan mie lethek ini tapi hanya beberapa yang terkenal di antaranya warung Mie Lethek Pak Ronto, Warung Mie Lethek Kang Sum dan Mie lethek Bantul Mbah Mendes. 3 warung mie lethek ini terbilang sudah lama sekali buka sehingga sangat rekomend banget buat kamu yang ingin menikmati kuliner mie lethek khas Bantul Yogyakarta.


Adapun menu yang ditawarkan adalah Bakmi Goreng, Bakmi Godhog, Nasi Goreng, Nasi Godhog, Magelangan Goreng, Magelangan Godhog, Teh Jawa dengan komposisi gula batu asli(teh poci) dan wedang uwoh. Untuk menikmati  mie lethek ini kamu cukup membayar Rp 10.000- saja.

Lokasi Mie Lethek Khas Bantul Yogyakarta

Untuk lokasi warung mie lethek Bantul yang paling terkenal sebagai berikut :
Warung Mie Lethek Kang Sum
Lokasi: seputaran bekas Pasar Imogiri

Warung Mie Lethek Bantul mBah Mendes

Lokasi: Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta
Cabang: Jl Ring Road Utara (sebelah Utara Lotte Mart atau barat SMK),  Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Buka: 17.00 – 22.00 WIB

Warung Mie Lethek Pak Ronto

Lokasi: Selatan Pasar baru kecamatan Imogiri, Bantul. Warung Mie Lethek ini buka dari pukul 17.00 hingga pukul 03.00 WIB.

Nah itulah sekilas ulasan mie lethek kuliner khas bantul yogyakarta pastikan anda mampir ya jika berkunjung ke Yogyakarta


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search