Yuk Kenalan Dengan Wisata Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah lokasi penambangan belarang yang berada di pulau Jawa, tidak hanya itu kawah ijen menjadi pusat perhatian dunia karena memiliki suatu keindahan yang begitu mempesona, oleh karenanya Wisata Kawah Ijen menarik para wisata untuk berkunjung ke Gunung Ijen. Wisata Kawah Ijen atau Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Kawah Ijen berlokasi di antara Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso Propinsi Jawa Timur. Danau Ijen memiliki kedalaman kurang lebih 200 meter dan luas kawahnya sekitar 5466 Hektar.


Kawah Ijen merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia, yang bisa memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hidrogen klorida dengan ke asaman nol sebuah ke asaman yang sangat kuat dan tak di pungkuri jika itu bisa melarutkan pakaian.

Selain wisata Gunung Bromo, obyek Wisata Kawah Ijen menjadi salah satu obyek menarik dan banyak diminati oleh para pelancong karena wisata Kawah Ijen sendiri menyimpan sebuah pesona keindahan yang begitu menakjubkan. biasanya para pengunjung melakukan pendakian pada pagi hari dengan durasi 2 jam trekking untuk sampai di bibir kawah.

Lokasi Kawah Ijen

Untuk lokasi tepat bisa dilihat di google map pad link berikut: https://goo.gl/maps/ZLy7RT1Ad7H2



Rute Jalur Ke Kawah Ijen

Bagi para backpacker yang ingin menuju ke wisata Kawah Ijen caranya sangat mudah karena Gunung Ijen bisa di akses dari dua arah yaitu, dari utara dan dari selatan. Jika dari utara, anda harus menempuh perjalanan melalui kota Situbondo menuju desa Sempol (Bondowoso) lewat Wonosari dan dilajutkan ke Paltuding. Jarak dari kota Situbondo ke Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditempuh sekitar 2,5 jam, anda bisa bertanya ke warga di kawasan kota Bondowoso jika anda merasa kurang yakin.

Dan jika dari arah selatan menuju wisata Kawah Ijen, anda harus melalui dari Banyuwangi menuju desa Licin yang berjarak 15 Km. Dari Licin tersebut kemudian menuju pos Paltuding yaitu sebuah pintu masuk utama menuju puncak kawah ijen. dari desa licin ke Pos Palruding berjarak 18 Km sangat direkomendasikan sekali untuk menaiki sepeda motor atau jika anda menggunakan mobil probadi usahakan mobil dalam kondisi prima karena jalan berkolak dan menanjak.


Ada dua jalur pendakian kawah ijen blue lava yang bisa Anda lalui. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kawasan Gunung Ijen yang masih berada di kawasan cagar alam taman nasional ijen ini bisa ditempuh melalui dua tempat, yaitu Banyuwangi dan Bondowoso. Jika dihitung dengan jarak, maka Anda akan cepat sampai di Kawah Ijen jika melalui Banyuwangi. Jarak dari Banyuwangi ke Kawah Ijen dan Bondowoso ke Kawah Ijen melebihi separuh perjalanan. Rute Banyuwangi Kawah Ijen kurang lebih tiga puluh kilometer, sedangkan Bondowoso ke arah Kawah Ijen adalah hampir 76 kilometer.

Namun, kedua-duanya sama. Baik melalui Banyuwangi maupun Bondowoso, pos pertama tempat pemberhentiannya terletak di Paltuding. Di tempat ini Anda bisa memarkir kendaraan, membayar biaya masuk atau tiket, menyiapkan bekal, dan aktivitas lain seperti MCK, sholat, dan sebagainya. Fasilitas yang sudah lengkap memudahkan Anda untuk mempersiapkan diri untuk mendaki. Jarak tempuh dari Paltuding ke Puncak Kawah Ijen sekitar tiga kilometer. Setelah menempuh lebih dari setengah perjalanan, Anda akan tiba di tempat pemberhentian terakhir yaitu pos bunder.

Pos bunder ini disebut juga dengan pos timbang atau pos penimbangan. Di sini lah para pekerja tambang belerang melakukan kegiatan menimbang hasil kerja mereka dari sisi kawah. Dari pos bunder Anda masih harus berjalan kurang lebih satu kilometer untuk sampai puncak. Aroma belerang yang khas akan semakin tercium dari jarak dekat.

Harga Tiket Masuk  Kawah Ijen Banyuwangi

Untuk memasuki wilayah kawah ijen sangatlah terjangkau. Daftar harga tiket masuknya bisa anda lihat dibawah ini:


Cataan: Harga sewaktu waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Fasilitas Di Kawah Ijen Banyuwangi

Masih banyak fasilitas lain yang bisa Anda sewa, seperti senter, dll. Harga yang dipatok di atas bisa berubah, terutama jika ada event tertentu. Seperti libur nasional, dan lain-lain. Beberpa fasilitas yang bisa anda nimkati diantaranya:

Penginapan ini merupakan hotel bintang 5 di kawasan Kawah Ijen. Suasananya khas dengan kolam yang luas di bagian belakang. Background pemandangan gunung dan pepohonan di lingkungan penginapan akan membuat Anda nyaman.

Penginapan bergaya bangunan kuno khas Belanda ini mematok harga Rp.200.000-Rp.450.000. Catimor homestay berlokasi paling dekat dengan area Kawah Ijen. Anda akan merasa nyaman dengan suasana khas jaman penjajahan. Anda bisa transit terlebih dahulu di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Meskipun namanya adalah Arabica, namun bangunan penginapan ini terlihat seperti bangunan jawa dengan khas dinding terbuat dari kayu. Penginapan ini termasuk penginapan murah dengan harga Rp. 150.000 – Rp. 450.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Di bagian depan bangunan ini terdapat patung teko dan gelas, yang menandakan bangunan tersebut adalah tempat minum dan tempat beristirahat.

Sama seperti Arabica homestay, tempat ini memiliki konsep klasik. Dindingnya terbuat dari kayu dan kayu jati. Ijen resto memiliki tempat parkir yang cukup luas sebagai tempat parkir kendaraan Anda sebelum mencapai Kawah Ijen.

Penginapan ini juga penginapan bintang 5. Hal ini sudah terlihat dari bangunannya yang elit. Jiwa Jawa Resort Ijen masih satu manajemen dengan penginapan Java Banana Bromo.


Labels: , , , , ,