10 Tempat Wisata Populer Dan Terbaru Di Lampung

Salah satu wilayah di Sumatera yang yang belakangan ini cukup pesat pertumbuhan wisatawannya adalah Lampung. Tempat wisata di kawasan ini berkembang cukup pesat. Alam yang cantik berupa pantai, pemandangan pegunungan, air terjun, laguna, danau, lokasi surfing bahkan keindahan bawah lautnya cukup memukau dan mulai banyak dikunjungi. Kemudahan akses terutama karena wilayah Lampung menjadi gerbang utama bagi pendatang ke pulau Sumatera, menjadikan wilayah ini cukup ramai dikunjungi. Nah, untuk anda yang ingin mengenal obyek wisata di sini, silakan ikuti ulasan kami di bawah dan segera atur jadual liburan untuk mengunjunginya.

Adapun daftar tempat wisata populer dan sebagian merupakan obyek terbaru dieksplorasi di Lampung yang direkomendasikan diantaranya:

Teluk Kiluan 
via: www.superadventure.co.id
Di pantai yang memiliki pemandangan indah baik di atas maupun di dalam lautnya, terdapat suatu atraksi yang jarang terjadi. Di pagi hari, anda akan melihat puluhan lumba-lumba berlompatan. Pantai di lampung ini memang dikenal sebagai habitat (tempat atau rumah) bagi hewan tersebut. Jika anda pernah mengunjungi salah satu obyek wisata di Bali yang populer dengan lumba-lumbanya (Pantai Lovina), maka teluk Kiluan bisa dikatakan kembarannya. Silakan anda kunjungi desa Kiluan negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Pantai teluk ini dapat ditempuh sekitar hampir 2 jam dari kota Bandar Lampung (sejauh 67 KM). Anda perlu berhati-hati karena tidak semua kondisi jalanannya mulus.
wisata lampung
Lumba-lumba Teluk Kiluan

Laguna Dodo
via: www.cumilebay.com
Lokasi tempat wisata ini hanya berjarak 3KM dari teluk Kiluan Lampung. Walaupun perjalanan menuju Lagoon Dodo ini cukup sulit dan menantang, tetapi anda akan puas dan lupa dengan lelahnya berjalan kaki sebelumnya. Belakangan ini, Laguna Dodo yang berupa kolam alami yang terbaru disukai kalangan pecinta alam baik yang berasal dari wilayah sekitar maupun dari luar kota. Jika anda ingin mengunjungi laguna ini, disarankan untuk membawa bekal karena belum banyak penjual makanan di sekitar sini.
laguna di lampung
Laguna Dodo

Pulau Pahawang
via instagram: @ajiwijaya87 
Dari seluruh tempat liburan yang ada di wilayah Lampung, pulau Pahawang adalah yang paling populer. Keindahan taman bawah laut yang memikat ini banyak disebut-sebut sebagai kembarannya Gili Trawangan yang merupakan obyek populer di Lombok. Menuju pulau Pahawang cukup mudah. Akses terbaik adalah jika anda berlayar dari pelabuhan Ketapang dan perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam menuju pulau Pahawang Besar. Silakan menginap di sini, lalu pagi hari anda dapat mengeksplorasi keindahan taman laut yang ada di sekitar Pahawang Kecil. Kedua pulau memikat ini memiliki terumbu karang indah dan ikan-ikan yang menarik berwarna-warni.
pahawang
Menyelam di Pahawang

Anak Krakatau
via instagram: @guidetokrakatau
Tempat ini memiliki akses terbatas dan diperlukan izin khusus. Keindahan wisata Krakatau di Lampung juga telah terkenal hingga keluar negeri. Sebaiknya anda datang dengan menggunakan paket tour menuju Anak Krakatau ini agar sekalian diuruskan oleh travel agent perijinannya. Gunung ini merupakan sisa dari Krakatau Besar yang pernah meletus dasyat pada tahun 1883. Jika anda ingin berlibur ke sini, anda perlu berhati-hati karena kawahnya sangat aktif. Ditandai dengan kepulan asap yang membumbung dan terlihat dari kejauhan. Setiap saat anda dapat melihat kepulan asap dari kawah aktif anakan gunung Krakatau ini.
anak krakatau
Asap Anak Krakatau

Tanjung Putus
via instagram: @pikniknusantara
Pulau Tegal dan Maitem. Ketiga tempat wisata yang bertetangga dengan Pahawang ini merupakan spot penyelaman populer di Lampung. Ketiga obyek liburan ini memiliki palung yang sangat dalam dihiasi terumbu karang yang indah dan dihuni oleh ikan Neon yang terkenal indah. Tidak disarankan untuk mengajak anak kecil ke kawasan ini, apalagi tidak dapat berenang. Selain keberadaan palung di dalam laut yang hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai, arus airnya juga cukup kuat. Tetapi bagi anda yang suka bertualang dan mencari tempat menyelam yang direkomendasikan, ketiganya sangat cocok untuk dieksplorasi.
tanjung-putus
Pantai Tanjung Putus

Danau Ranau
via instagram: @potret_ranau
Berupa danau terbesar kedua di Sumatera, setelah danau Toba. Lokasi tempat wisata ini terletak di perbatasan Lampung dengan Sumatera Selatan. Karena sangat luas, ada beberapa titik indah di wilayah yang berbeda yang dapat anda kunjungi saat liburan. Jika anda berangkat dari Bandar lampung, maka tempat terdekat yang disarankan adalah mengunjungi Lombok Ranau yang berada di kecamatan Sukau, yang memiliki akses terbaik dari Liwa. Jika anda berwisata ke sini, sebaiknya anda melakukan dua hal utama. Yaitu menikmati pemadangan indah danau dari resort tempat menginap atau melihat pemandangan dari puncak gunung Seminung. Keduanya menawarkan keindahan alam tiada tara dengan angle danau Ranau.
danau-ranau
Danau ranau Lampung

Kawasan Kalianda
via instagram: @okkekris
Menurut portal Wisatania, obyek wisata Lampung ini adalah yang memiliki garis pantai cukup panjang. Yaitu sekitar 200 kilometer. Di Kabupaten Lampung Selatan ini ada banyak hal yang dapat anda kunjungi seperti pantai Batu Kapal, Canti, Gunung Botak, Curug Way Kalam yang terkenal dengan sebutan air terjun tingkat tujuh, Pantai Merak Belantung dan Way Panas Kalianda. Sebagai wisatawan, disarankan anda menginap di kawasan Kalianda yang memiliki banyak resort mewah yang memanjakan anda dengan pemandangan alam yang sangat menarik. Popularitas Kalianda memang sudah terkenal sejak dahulu kala.
kalianda
Kalianda by Septian Effendi

Pantai Mutun dan Pulau Tangkil
via: lostpacker.com
Keindahan pantai pasir putih yang cukup dekat dengan Bandar Lampung ini dapat menjadi tempat rekreasi bersama keluarga karena keberadaan waterboom (water adventure) di tengah laut. Jika anda berkunjung saat siang hari dan air luat surut, maka anak-anak dapat bermain bintang laut yang banyak terdampar. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh para fotografer yang ingin mengeksplorasi pulau tangkil yang tidak berpenghuni. Alamnya masih asri dan belum terjamah peradaban modern sehingga menjadi obyek foto yang sangat memukau. Tiket masuk menuju pantai Mutun cukup murah, hanya Rp. 5000 per orang. Di sini anda bisa menyewa pondokan untuk berteduh di pinggir pantai dengan tarif Rp. 30.000. Jika anda membutuhkan penginapan, di sekitar pantai terdapat penginapan sederhana dengan tarif Rp. 50.000 per malam.
mutun
Pantai Mutun

Pantai Tanjung Setia
via instagram: @dunia_chiandien
Inilah surga bagi peselancar profesional yang mendambakan untuk menaklukan "barrel". Jika anda sudah membaca ulasan tentang tempat surfing populer di Bali, maka ombak kategori "barrel" yang bergulung dan tidak mudah pecah adalah dambaan peselancar sejati. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini, dapat menyambanginya dengan perjalanan yang cukup menyita waktu dari Bandar Lampung. Obyek wisata yang berjarak 273 KM atau sekitar 7 jam perjalanan dari pusat kota tersebut, berada di dekat kawasan Taman nasional Bukit Barisan bagian selatan. tahukah anda bahwa yang datang ke tempat surfing terbaru dan tersembunyi di Lampung Barat ini kebanyakan adalah turis mancanegara? Ini membuktikan bahwa kedasyatan ombak di pantai Tanjung Setia tidak diragukan lagi.
tempat surfing di lampung
Surfing Tanjung Setia

Pantai Gigi Hiu
via instagram: seputarkotametro
Mendengar namanya, tentu anda membayangkan keberadaan ikan hiu. bukan? Sebenarnya tempat ini bukan dihuni oleh hewan laut menyeramkan tersebut, melainkan keberadaan karang-karang terjal yang berjejer yang seolah bagaikan gigi hiu yang tajam dari kejauhan. Obyek yang sangat disukai oleh fotografer ini letaknya tidak jauh dari teluk Kiluan (wilayah Tanggamus), dan hanya berjarak 5 KM dari tempat wisata populer tersebut. Anda perlu menggunakan jasa ojek sepeda motor jika ingin mengunjungi Pantai Gigi Hiu ini. Bagi admin Tempatwisatapop.com, kawasan inilah yang paling eksotis dan terbaru diulas di Lampung dan bakal populer di masa mendatang. Anda fotografer yang menginginkan angle eksotis? Jangan lupa kunjungi pantai ini.
tempat wisata eksotis di lampung
Pantai Gigi Giu yang Eksotis

Demikianlah informasi tentang tempat wisata yang cukup populer dan terbaru di eksplorasi di wilayah Lampung yang popularitasnya dikenal oleh masing-masing kalangan. Ada yang dikenal oleh kalangan fotografer saja, peselancar saja, maupun wisatawan umum. Siapapun anda, yang ingin berlibur dan menikmati keindahan obyek menarik di pulau Sumatera bagian paling selatan ini, pastikan sepuluh tempat yang telah saya sebutkan di atas jangan terlewatkan satupun.

Labels: ,