6 Hal Ini Bikin Kamu Diturunkan dari Pesawat Meski Sudah Bayar

Pesawat merupakan salah satu transportasi modern dengan berbagai layanan dan fasilitas yang memanjakan penumpang. Maka dari itu, banyak orang-orang yang membeli tiket jauh-jauh hari dari hari keberangkatan buat mendapatkan kursi. Namun, ada juga hal-hal yang menyebabkan kamu diturunkan secara paksa meski sudah bayar tiket seperti berikut ini.

Overbooking
Akhir-akhir ini dunia penerbangan dihebohkan oleh video tentang seorang penumpang pesawat United Airlines yang diseret paksa sampai wajahnya berdarah. Nah, penyebab pemaksaan penurunan penumpang itu karena pesawat tersebut overbooking. Kondisi tersebut terjadi karena tiket yang dijual ke pasaran melebihi kapasitas penumpang.

Masalah teknis
Kalau ditemukan potensi kecelakan pada pesawat, mau nggak mau penumpang harus turun dari pesawat. Pada banyak kasus, penumpang diarahkan pada pesawat yang lebih kecil sehingga pihak maskapai harus mengurangi jumlah penumpang.

Mengangkut awak kabin
Kejadian kayak gini sama halnya seperti kasus overbooking. Tak jarang pesawat diisi awak kabin dari maskapai itu sendiri karena harus bertugas pada bandara tujuan. Meski mendapat kompensasi tiket, kamu harus merelakan kursimu kepada para awak kabin tersebut.

Membuat onar di dalam pesawat
Bersikap baiklah pada sesama penumpang dan awak kabin karena kalau kamu berbuat onar siap-siap aja diturunkan paksa dari pesawat. Biasanya, orang yang berbuat onar karena mengganggu kenyamanan penumpang lain, berbuat gaduh, ataupun melanggar aturan maskapai.

Bertelanjang kaki
Memang terdengar konyol sih, tapi coba deh kamu nggak mengenakan alas kaki apapun saat berada di pesawat. Pasti kamu langsung ditegur oleh awak kabin atau bahkan diturunkan paksa dari pesawat kalau kamu masih bandel. Sebenarnya alasan larangan bertelanjang kaki buat keselamatan penumpang sendiri. Pertama, bau kaki kamu bisa mengganggu penumpang lain. Kedua, untuk memudahkan penumpang saat tiba-tiba ada keadaan darurat yang mengharuskan berpindah tempat.

Melahirkan dalam pesawat
Kebanyakan maskapai memang melarang wanita hamil yang mendekati persalinan untuk naik pesawat. Bahkan wanita yang sedang hamil muda pun harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Namun, tetap saja ada beberapa kasus wanita yang melahirkan di pesawat. Sepert kejadian ibu melahirkan di pesawat Turkish Airlines beberapa waktu lalu. Meski sedang mengudara, ibu hamil dan bayinya harus segera diturunkan pada bandara terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Labels: