5 Tempat Menyelam yang Cocok Untuk Pemula

Menyelam bisa jadi alternatif kegiatan liburan buat melepas penat dan stress dari pekerjaan. Apalagi Tanah Air kita ini memiliki ribuan destinasi menyelam dengan keindahan yang nggak ada duanya. Salah satu destinasi menyelam yang populer di dunia adalah Raja Ampat. Banyak traveler domestik maupun mancanegara yang menjadikan Raja Ampat sebagai tempat diving favorit mereka.

Tapi tunggu dulu guys, buat kamu yang pemula atau belum pernah menyelam sama sekali, urungkan dulu niatmu untuk menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat. Memang sih, pemandangan bawah laut di Raja Ampat sangat menakjubkan, tapi arus di sini terkenal kuat sehingga bisa membahayakan penyelam pemula.

Jangan berkecil hati dulu dong, 5 destinasi menyelam berikut ini juga menawarkan pemandangan cantik yang cocok banget buat kamu yang masih belajar menyelam.

Kepulauan Seribu
Banyak traveler dari Jakarta yang mengambil kursus dan sertifikasi menyelam di Kepulauan Seribu. Selain biaya yang cukup murah, destinasi ini cocok buat mengasah kemampuan menyelam kamu. Memang sih arus di Kepulauan Seribu cenderung tenang, tapi kondisi air yang nggak terlalu jernih bisa melatih jarak pandang kamu ketika menyelam.

Parigi Moutong
Parigi Moutong terletak di provinsi Sulawesi Tengah dengan keadaan lautnya yang masuk ke dalam cekungan leher Pulau Sulawesi. Karena terletak di cekungan leher Pulau Sulawesi, kondisi perairan di sini tenang dan jernih. Topografi dasar laut yang landai juga memudahkan penyelam pemula untuk bermanuver. Kalau beruntung, kamu juga bisa berenang bersama hiu paus yang bermigrasi lewat teluk ini. Tapi ingat ya guys, jangan terlalu dekat apalagi sampai pegang-pegang.

Kepulauan Togean
Sama seperti Parigi Moutong, destinasi menyelam ini juga terletak di dalam cekungan leher Pulau Sulawesi. Dengan lokasi yang tepat berada di tengah Teluk Tomini, membuat kepulauan ini mempunyai banyak diving spot yang menarik.

Kondisi terumbu karang yang sehat dan ikan yang berwarna-warni makin menambah daya tarik Kepulauan Togean. Buat pemula, sangat disarankan buat menyelam di sini karena arusnya sangat tenang dengan keindahan bawah laut yang indah.

Tulamben
Bali memang terkenal sebagai tujuan wisata dunia. Selain budaya yang unik dan pemandangan alam yang indah, Bali juga mempunyai destinasi selam yang menakjubkan. Nah, Tulamben bisa jadi pilihan buat penyelam pemula.

Nggak perlu naik kapal kok buat menyelam di sini, kamu hanya perlu berjalan dari tepi pantai dan bisa langsung menyelam. Kondisi air di Tulamben cukup tenang dan kamu bisa menikmati bangkai kapal dengan berbagai biota laut yang hidup di sekitarnya.

Banda Neira
Terletak di Maluku, Banda Neira menawarkan sensasi menyelam yang nggak ada duanya. Destinasi ini pun juga cocok banget buat pemula. Arus yang benar-benar tenang, air yang jernih, serta pemandangan bawah laut yang indah banget bisa kamu dapatkan di sini.

Namun tentu saja destinasi ini butuh biaya yang nggak sedikit. Kamu harus pintar-pintar nabung nih kalau ingin berkunjung ke Banda Neira. Tapi semua itu akan terbayar kok dengan suguhan pemandangan yang begitu cantik dan nggak ada duanya.

Labels: