Pilihan Objek Wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang Menarik

Dieng merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Wonosobo Jawa Tengah dan menurut sejarah di Dieng ini dulunya merupakan tempat tinggal para dewi. Dieng terkenal dengan pemandangannya yang sangat indah karena tempat wisata ini berada didaerah dataran tinggi.

Masyarakat sekitar mayoritas bekerja sebagai petani yang mengolah lahan perkebunan seperti kentang, tomat, sawi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dieng sering menjadi sasaran objek wisata bagi para wisatawan asing yang ingin menikmati keindahan alam di Indonesia ini.

Ada banyak tempat-tempat menarik yang bisa anda sambangi di Dieng salah satunya adalah bukit Sikunir.Bukit ini terletak didesa Sembungan. Dari sini anda bisa melihat keindahan sunset disore hari dengan suasana yang sejuk tentu membuat anda betah berada disini.

Tempat Wisata di Dieng Jawa Tengah
Wajar jika banyak wisatawan dari berbagai macam penjuru berbodong-bondong menghabiskan waktu liburnya di Dieng karena memang sudah diakui keindahannya. Bukan hanya itu saja, masih banyak tempat-tempat lain yang bisa anda kunjungi disini salah satunya sebagai berikut.

1. Telaga Warna Dieng
Flickr: Randry Tama
Jika anda datang ke Dieng, sempatkanlah anda untuk melihat-lihat keindahan telaga warna yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini. Telaga warna memiliki keunikan yang tak dimiliki telaga lainnya yaitu warna airnya yang bisa berubah kadang merah, biru hijau putih dan lembayung. Fenomena alam ini terjadi kareana air dalam telaga warna mengandung unsur sulfur yang tinggi sehingga dapat berubah warna ketika mendapat sinar matahari.

2. Kawah Sikidang
Bagi para pecinta alam, kawah sikidang merupakan tempat wisata alam yang menyenangkan. Kawah ini berasal dari gunung api raksaa yang aktifitas vulkaniknya masih aktif. Dengan luas sekitar 200 meter persegi ini anda dapat melihat gumpalan asap tebal yang keluar dari kawah.Namun anda harus hati-hati jangan sampai menghirup uap yang keluar karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi.

3. Candi Arjuna
Flickr: yunanithebest
Candi arjuna merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Dieng. Candi ini berada dikawasan Dieng Plateau dan letaknya tidak jauh dari candi semar, candi puntadewa da candi srikandi. Disini anda dapat berfoto-foto sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah dan hijau.

4. Dieng Plateau Theater
Flickr: Rendika Iswandi
Dieng Plateau Theater ini merupakan tempat atau gedung pertunjukkan yang memperlihatkan sejarah Dieng dan atau film dokumenter yang berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau. Pengunjung akan disuguhkan dengan film tersebut yang berdurasi sekitar 20 menit dan anda wajib melihat seperti apa dieng pada jaman dahulu.

5. Pendakian Gunung Prau
Instagram: @fendy_velcro
Bagi anda yang hoby naik gunung, dipendakian gunung prai ini anda bisa mendaki gunung sindoro atau gunung sumbing. Namun sebelum itu anda harus memiliki kesiapan fisik dan mental yang kuat. Gunung prai ini memiliki keistimewaan tersendiri dan digunung prau ini pula yang menjadi salah satu spot jalur pendakian yang dikenal sebagai bukit teletubbies.

Nah, itulah tadi referensi menarik mengenai tempat wisata di Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang wajib dikunjungi. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat terutama bagi anda para wisatawan yang berencana menghabiskan waktu libur dan akhir pekan di kawasan Jawa Tengah.

Sorce Gamabar Utama: flickr - Abdul Azis

Labels: , ,