7 Tempat Wisata di Trenggalek Jawa Timur Paling Hits

Sebagian dari anda mungkin masih cukup asing ketika mendengar nama daerah Trenggalek. Ya, Trenggalek merupakan salah satu daerah kecil yang lokasinya berada di pesisir Selatan Jawa Timur, tepatnya berdampingan dengan Kabupaten Tulungagung, Pacitan, dan juga Ponorogo.

Siapa sangka kabupaten yang lokasinya cukup terpencil tersebut menyimpan sejuta keindahan alam serta tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mungkin sebagian besar masyarakat Jawa Timur sudah banyak yang tahu bahwa Trenggalek memiliki banyak tempat wisata yang keren dibanding dengan daerah-daerah sekitarnya.

Karena lokasinya di pesisir, lebih dari 50 persen destinasi wisata di daerah ini dipenuhi oleh pantai dan juga teluk. Namun ada juga beberapa tempat wisata lain seperti gunung, waduk, goa, dan masih banyak lagi yang lain. Ada pula tempat wisata khusus keluarga dan anak yang lokasinya berada di pusat kota.

Tempat Wisata di Trenggalek Jawa Timur
Mayoritas tempat wisata dan rekreasi yang ada di Trenggalek tak mematok biaya masuk yang tinggi. Jadi bisa dijangkau oleh semua kalangan. Daripada penasaran, berikut kami bagikan referensi tempat wisata di Trenggalek Jawa Timur paling hits tahun ini yang wajib anda kunjungi saat liburan atau akhir pekan.

1. Pantai Karanggongso
https://www.flickr.com/photos/54564237@N02/
Objek wisata paling hits di Trenggalek yang pertama adalah pantai Karanggongso. Pantai tersebut terletak di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, kurang lebih 52 kilometer dari pusat kota. Pantai tersebut menawarkan pesona laut yang menawan.

Selain itu banyanya nyiur dan pepohonan di sekitar pantai membuat suasana semakin sejuk dan enak dipandang. Akses jalan menuju pantai Karanggongso ini sudah bagus dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan bermotor. Harga masuk ke pantai Karanggongso Trenggalek ini hanya 7.500 rupiah untuk hari biasa, dan 10.000 untuk hari libur.

2. Goa Lowo
https://www.flickr.com/photos/canatrg/
Selanjutnya ada tempat wisata yang sangat fenomenal di Trenggalek, yakni Goa Lowo. Dari dulu sampai sekarang, objek wisata Goa Lowo selalu ramai dikunjugi wisatawan, terutama pada saat hari libur. Goa Lowo terletak di Desa Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, yang tak begitu jauh dari pusat kota.

Objek wisata tersebut sangat terkenal karena merupakan salah satu goa terpanjang se-Asia Tenggara, dengan panjang kurang lebih 2 kilometer. Saat masuk ke dalam goa, anda akan takjub dengan ornamen-ornamen seperti stalaktit dan stalakmit yang menawan. Biaya masuk ke tempat wisata Goa Lowo cukup murah, yakni sekitar 10 ribuan saja.

3. Hutan Mangrove Cengkrong
https://www.flickr.com/photos/131989250@N05/
Ada salah satu tempat wisata di Trenggalek yang saat ini tengah hits. Ya, apalagi kalau bukan hutan mangrove Cengkrong. Tempat wisata tersebut berlokasi di Desa Karanggan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jatim. Banyak sekali wisatawan lokal ataupun luar daerah yang tertarik dengan objek wisata satu ini.

Pengunjung tempat wisata hutan mangrove Cengkrong ini didominasi oleh kaum muda mudi yang memang ingin eksis. Di tempat wisata ini terdapat sebuah jembatan galau yang biasa dijadikan objek foto para pengunjung. Soal keindahan dan daya tariknya sudah tak perlu diragukan lagi. Untuk bisa masuk hutan mangrove Cengkrong, cukup bayar 4.000 rupiah saja setiap orang.

4. Hutan Kota Trenggalek
jejaknoe.net
Jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang lokasinya berada di pusat kota Trenggalek, silahkan coba hutan kota Trenggalek. Objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk merefresh otak setelah seminggu bekerja. Suasana perbukitan yang sejuk tentu akan membuat mata dan pikiran jadi segar.

Lokasinya yang berada di pusat kota Trenggalek membuat hu-ko selalu ramai dikunjungi masyarakat di akhir pekan. Jika anda berkunjung ke hutan kota Trenggalek pada saat pagi hari dan petang, anda akan mendapatkan bonus pemandangan sunrise dan sunset yang sangat indah.

5. Pantai Damas
cektravel.info
Siapa sangka bahwa kabupaten kecil yang terletak di pesisir Selatan Jawa Timur, Trenggalek punya sebuah pantai yang sangat eksotis bernama pantai Damas. Ya, pantai Damas adalah salah satu pantai terindah yang dimiliki oleh kabupaten Trenggalek. Lokasi pantai tersebut berada di Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo.

Pantai yang satu ini terbilang sangat luas dan masih sangat alami. Sangat cocok digunakan sebagai destinasi wisata akhir pekan atau liburan untuk merefresh otak setelah bekerja keras. Keindahan pantai ini semakin nampak berkat adanya nyiur di sekitar pantai dan juga beberapa jenis tanaman lainnya.

6. Bukit Banyon
ksmtour.com
Ada salah satu tempat di kota Trenggalek yang wajib dikunjungi saat musim liburan. Tempat tersebut tak lain adalah bukit Banyon. Sama seperti bukit pada umumnya, tempat ini punya pemandangan yang sangat asri dan hawa sejuk. Saat berada di atas bukit, anda bisa melihat pemandangan kota Trenggalek dari atas.

Jika beruntung, anda juga bisa menikmati sensasi matahari terbit dan tenggelam, serta awan yang berkejar-kejaran. Sensasi negeri di atas awan bisa anda nikmati saat berkunjung ke bukit Banyon Trenggalek. Sedekar saran saja saat anda ingin berkunjung ke sini sebaiknya saat musim panas saja karena tracknya lumayan licin saat hujan.

7. Puncak Gunung Sepikul
panorlens.com
Satu lagi destinasi wisata di kabupaten Trenggalek Jawa Timur yang paling hits saat ini, yakni puncak gunung Sepikul. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Puncak gunung Sepikul saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan lokal saat akhir pekan dan liburan.

Biasanya para pendaki memilih mendaki gunung Sepikul pada dini ataupun sore hari agar bisa melihat mega matahari terbit dan tenggelam. Keindahan sunrise dan sunset yang sangat luar biasa bisa anda temukan di puncak gunung Sepikul yang lokasinya tak jauh dari pusat kota Trenggalek ini.

Itulah tadi referensi daftar tempat wisata di Trenggalek Jawa Timur yang paling hits dan wajib untuk anda kunjungi. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata indah lain yang ada di Trenggalek. Jika ada kesempatan, kami akan lanjutkan ulasannya di artikel selanjutnya. Oleh karena itu pantau terus situs info wisata paling lengkap, wisatarekreasi.com. Sampai jumpa.

Labels: , ,