Candi Rimbi - Jejak Situs Majapahit Yang Terlupakan

Sedang merencanakan Liburan ke situs majapahit? informasi menarik mengenai tempat wisata yang terindah mempesona, kali ini membahas Candi Rimbi, situs majapahit yang terlupakan.. Banyaknya referensi tempat wisata dan pemandangan alam melalui foto yang kami hadirkan untuk kita, semoga Bisa menentukan wisata mana yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau bersama teman teman. Banyak sekali lokasi pantai, pegunungan, pulau dan juga bebukitan, dan tak lupa pula wisata Bahari dan wisata airnya.

Informasi Umum

Candi Rimbi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang bercorak hindu dari kerajaan Majapahit yang terletak di desa Ngrimbi, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang, Jawa timur. Letaknya yang berada dikaki gunung anjasmoro menjadikan tempat ini mempunyai pemandangan yang sangat indah. 

Dan tempat ini cocok dijadikan salah satu tempat kunjungan kita saat berlibur apalagi bila kita mengajak buah hati kita, Sebab tempat ini mempunyai nilai history dari kebesaran kerajaan majapahit dimasa lalu sehingga Bisa menjadi tambahan wawasan sejarah untuk buah hati kita.

Sejarah Candi Rimbi

Menurut  sejarah, Candi Rimbi ini merupakan pintu gerbang masuk ke pusat kerajaan Majapahit. Warga sekitar juga  percaya bahwa tempat ini dahulunya merupakan tempat  para prajurit kerajaan Majapahit dan pemimpinnya untuk beristirahat.

Dan Nama Rimbi sendiri diambil dari nama seorang tokoh pewayangan yaitu Arimbi ( istri werkudara ).

Artitekstur Bangunan Candi

Pada bagian kaki candi Rimbi terdapat berbagai relief yang menggambarkan manusia dan Fauna. Namun terdapat satu relief unik, dimana relief tersebut menggambarkan sepasang manusia (pengantin) yang berada dalam suatu gentong.

Hingga kini  belum Bisa mengetahui dengan pasti cerita apa yang sebenarnya digambarkan melalui relief-relief tersebut.

Corak agama hindu di candi Rimbi ini didasarkan di ditemukannya arca dewi parwati yang merupakan istri dewa siwa. Namun kini arca tersebut telah dipindakan ke Museum Nasional Jakarta.

Arca Parwati yang ditemukan di Candi Rimbi itu diperkirakan yaitu bentuk perwujudan dari Tribhuwana Tunggadewi , ratu Majapahit yang berkuasa di 1328-1350 M.

Terdapat cukup banyak arca-arca Hindu yang Bisa di jumpai di halaman candi. Tapi satu ada hal yang patut disayangkan dari situs peninggalan majapahit ini yaitu arca-arca di candi Rimbi sebagian besar yang sudah tak akan dalam kondisi utuh, bahkan banyak  juga yang kini hanya menyisakan sisa potongan anggota badannya aja.

Promosi Dan Penganalan situs Sejarah Kepada Masyarakat.

Salah satu langkah mengenalkan candi Rimbi di banyak orang yaitu dengan Tutorial menjadikan relief nya sebagai motif batik.

Ya, Salah satu motif dari candi Rimbi telah dijadikan motif batik Jombangan yang kini banyak dipakai sebagai seragam di hari Rabu dan Kamis untuk siswa siswi SD, SMP, SMA di jombang.

Aktivitas Kepariwisataan

Namun hingga kini situs ini masih kurang terkenal atau mungkin belum diminati wisatawan. hal ini terlihat dari jumlah wisatawan yang berkunjung ke situs arkeologi ini rata-rata hanya mencapai 100 orang per bulan. Padahal, candi Rimbi merupakan objek wisata yang potensial.

Kerena pemandangan disekitar candi ini cukup menawan, dari candi Rimbi ini pengunjung Bisa melihat panorama yang menakjubkan dari Gunung Anjasmoro yang terletak di arah selatan Kota Mojokerto .

Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan situs situs bersejarah semacam candi rimbi ini supaya tak akan terbengkalai, dan Bisa menjadi objek wisata yang menarik seperti candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Labels: , ,