Goa Sigolo Golo - Goa Peninggalan Sejarah Majapahit Yang Indah

Nama tempat ini merupakan Goa Sigolo Golo, mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Goa indah nan eksotis ini terletak di tebing leren gunung Welireng lebih tepatnya terletak di dusun kraten, desa panglungan, kec. wonosalam, kab. Jombang, Jawa Timur. Goa indah ini memang terletak di pelosok desa di kawasan pegunungan wonosalam yang menjadikannya layak disebut surga dunia yang tersembunyi di pelosok. Perpaduan antara panorama alam desa dan pegunungan yang masih asri menjadikan Goa Sigolo Golo tampak begitu eksotis. Wisata murah ini sangat cocok untuk para penggemar petualangan atau untuk kita yang sekedar suka berwisata ke tempat tempat indah maka tempat ini sangat cocok buat kita.

Goa Sigolo-golo berada dalam kompleks obyek wisata di Wonosalam bersama sama dengan objek wisata seperti  Air Terjun Tretes  Pemandian Alami Sumber Boto, Makam Gunung Puncung,  dan beberapa kawasan untuk perkemahan. Kawasan yang mengelilingi goa sigolo golo  ini merupakan kawasan hutan yang sedang direhabilitasi . Sehingga saat ini kawasan di sekeliling goa sigolo golo ini  sudah mulai tampak hijau dan asri kembali.

Yang paling menarik dari goa si golo golo ini merupakan sisi sejarahnya dimana masyarakat sekitar percaya sekaligus mengkeramatkan tempat ini Sebab mereka percaya bahwa goa ini pernah dijadikan tempat untuk bermeditasi oleh ayahanda damar wulan (raden maudoro) dari kerajaan Majapahit. Dalam meditasinya,Patih Maudoro selalu berdoa kepada syahyangwiji supaya  membagikan keselamatan dan kesejahteraan kepada orang-orang dan bangsa Majapahit. Selain itu patih maudoro juga punya tujuan lain yaitu untuk memperoleh kekuatan rohani diri sendiri supaya Bisa mempunyai kepribadian yang bagus dalam dirinya. Sehingga banyak warga setempat yang menjadikan Goa sigolo golo ini sebagai tempat  untuk bermeditasi, mereka yang bermeditasi di Goa sigolo golo ini percaya bahwa dengan bermeditasi di Goa sigolo golo ini mereka akan mendapat kesaktian dan berkah.

Selain menjadi tempat meditasi gua sigologolo, masyarakat sekitar juga percaya bahwa tempat ini dulunya dijadikan sebagai tempat persembunyian di saat terjadi peperangan di kerajaan majapahit. Akan akan tetapi tak ada bukti sejarah yang kuat untuk membenarkan kepercayaan itu. Dibalik kesan mistis yang Inheren di Goa ini. Tersimpan Keindahan alam yang tak Bisa kita bayangkan sebelumnya. mata para pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan tebing curam dengan berhiasakan batuan yang menawan di sekitar kita.

Akses menuju ke lokasi Goa sigolo golo ini cukup sulit dan membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. perjuangan dimulai saat pengunjung mulai akan naik menuju mulut Goa. Para pengunjung diharuskan berhati hati saat berjalan kaki menuju Goa dengan melewati jalan jalan setapak yang terjal dan licin. Ditambah lagi pengunjung  diharuskan memanjat melewati akar akar tanaman. Namun kita  jangan khawatir, perjuangan kita untuk menuju mulut goa tak akan sia sia Sebab panorama gunung welirang yang indah mampu membayar lunas rasa lelah kita. pemandang di sekitar goa sangat indah.

Artikel Wisata dan Liburan Lainnya : Gunung Bromo, Tempat Terbaik Menyaksikan Sunrise Di Jawa Timur Yang Bagus Untuk di Baca

Di lokasi ini telah tersedia fasilitas parkir. Pengunjung diwajibkan membayar tarif parkir sebesar Rp 5000 untuk satu sepeda motor. Setelah itu pengunjung diharuskan berjalan kaki menjelajahi lereng dengan pemandangan indah gunung kukus untuk hingga di loket masuk. Di loket pengunjung diwajibkan kembali membayar tarif untuk masuk sebesar Rp 3000 per orang, dengan tarif Rp 3000 kita Bisa mulai menyusuri keindahan kawasan lokasi ini, selain Bisa menikmati indahnya pemandangan dari goa sigolo golo,pengunjung juga Bisa menikmati berbagai lokasi yang sudah diolah diantaranya  wisata seribu tangga, wisata sungai Boro, bulu view, dan tentunya goa Sigolo Golo.

Ayo berkunjung dan berwisata ke goa sigolo golo ajak orang terdekat kita untuk menikmati alam yang masih asri  diwilayah jombang .

Labels: , ,