Mitos Dibalik Terbakarnya Gunung Guntur

Info Guntur- Miitos merupakan sebuah cerita atau dongeng berlatar masa lampau. Beberapa gunung yang ada di indonesia ternyata memiliki mitos aneh yang berbeda-beda. Seperti halnya mitos yang ada di Gunung Guntur. Gunung Guntur selain sulit untuk didaki juga memiliki mitos dan cerita yang berkembang dimasyarakat.
Mitos Dibalik Terbakarnya Gunung GunturPada musim kemarau Gunung Guntur sering kali mengalami kebakaran. Hampir setiap tahun Gunung Guntur kebakaran. Jadi berhati-hatilah ketika mendaki Gunung Guntur. Dampak kebakaran biasanya membakar puluhan hektar kawasan Gunung Guntur. Namun anehnya ada mitos yang berkembang di masyarakat Kabupaten Garut dibalik terbakarnya Gunung Guntur.
 
 Baca Juga:
Sejarah Penamaan Gunung Guntur Dan Legenda Di Dalamnya
Mengenal Lebih Jauh Sejarah Letusan Gunung Guntur
 
Jika musim kemarau yang berkepanjangan datang semua orang tentunya akan mengharapkan musim hujan datang. Tapi apabila ternyata hujan tak kunjug datang semua orang khusunya para petani akan semakin resah. Dan di tengah penantian hujan di musim kemarau yang berkepanjang, tiba-tiba Gunung Guntur Kebakaran itu artinya akan segera datang musim hujan. Masih teringat dalam ingatan saya ketika orang-orang khusunya para orang tua yang berada di kampung saya yaitu Kampung Astanagirang selalu berbicara tentang kebakaran di Gunung Guntur.

Itulah mitos yang berkembang di kalangan masayarakat Garut tentang kebakaran Guntung Guntur. Orang-orang Garut selalu bilang bahwa ketika Gunung Guntur kebakaran itu tandanya akan segera datang musim hujan. aneh memang, namun itulah mitos yang masih di percaya hingga saat ini. 





Labels: