Monday, September 7, 2015

September 07, 2015
Info Papandayan - Setelah Gunung Guntur kini giliran Gunung Papandayan yang mengalami kebakaran. Api yang membakar sekitar 10 hektare kawasan Gunung Papandayan menghanguskan sejumlah blok. Pertama kali api muncul di kawasan Tegal Alun kemudian merembet ke kawasan Tumaritis, Samudra Arjuna, dan Cileuleuy bahkan kabut asap sudah mulai mengarah ke wilayah perbatasan Kabupaten Bandung di kawasan Stamplat serta Pamulihan,
Kawasan yang terbakar di Gunung Papandayan
Upaya pemadaman kebakaran Gunung Papandayan hanya dilakukan lewat jalur udara karena pemadaman lewat jalur darat sangat tidak memungkinkan. Petugas sangat kesulitan untuk mencapai titik kebakaran untuk memadamkan api karena cuaca panas dan musim kemarau disertai angin kencang serta sulitnya menemukan air. Hingga siang petugas terus berupaya untuk memadamkan kobaran api.

Menurut relawan pemadam kebakaran Gunung Papandayan, Iman Sunarya, empat titik api tersebut berada di puncak Papandayan, Tegal Alun, lereng Pasir Malang, dan Gunung Masigit, serta kawasan Pondok Aul yang dekat dengan daerah Pangalengan, Kabupaten Bandung. Sekat itu berupa galian lantai hutan selebar 40-100 sentimeter dengan kedalaman 10-20 sentimeter. Gunanya, agar api yang membakar semak dan pepohonan tidak merembet ke vegetasi hutan. Namun mereka tidak bisa berbuat banyak jika ada bara api yang terbang ke tempat lain akibat embusan angin.

Menurut Iman, ada 60 relawan pemadam api yang terbagi ke empat titik kebakaran tersebut. Mereka berasal dari kalangan komunitas pencinta alam serta warga lokal sekitar gunung. Upaya pemadaman dilakukan dengan berbagai peralatan, seperti cangkul dan gergaji mesin, serta membatasi penyebaran api dengan pembuatan sekat api.

Penyebab kebakaran masih belum bisa diketahui. Namun dugaan kuat sumber api berasal dari puntung rokok. Oenyebab kebakaran masih yang sebenarnyua masih diselidiki pihak terkait. Pada saat kebakaran dikabarkan ada delapan pendaki yang tersesat karena asap kebakaran yang cukup tebal. Kabar terbaru menyatakan delapan pendaki tersebut dapat terselamatkan.

Kepala Seksi Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Barat, Toni Ramdanim mengatakan Kawasan Gunung Papandayan pun untuk sementara ditutup baik untuk pendakian atau kunjungan wisata.
"Kebijakan ini diambil untuk mencegah terjadinya korban jiwa selama proses pemadaman berlangsung," ujarnya.

Sepekan membara apai mengahanguskan ratusan hektar kawasan Gunung Papandayan. Lokasi kebakaran di kawasan Tegal Alun dengan ketinggian sekitar 2500 meter diatas permukaan laut (mdpl) terlihat jelas. Sebagian besar kawasan yang merupakan tempat tumbuhnya bunga Edelweis itu hangus terbakar.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment