Mengenal Air Terjun Citiis Gunung Guntur

Advertisemen
Air terjun Citiis adalah salah satu curug yang berada diwilayah kabupaten Garut yang sering dikunjungi banyak orang. Air terjun Citiis termasuk salah  satu obejek wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Guntur, sering dikunjungi pengunjung dari kota Garut maupaun dari luar kota Garut seperti hari sabtu dan minggu.

Banyak pengunjung yang berkunjung ke air terjun Citiis hanya sekedar untuk mandi dan bemain disekitaran air te. Ada pulayang nge camp  alias kemping di air terjun Citiis ini. Air terjun yang berada di kecamatan Tarogong Kaler ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan waktu kurang lebih satu jam bagi mereka yang lumayan cepat jalan kakinya.

Air Citiis ini dadalah salah satu curug dari tiga curug yang berada diatasnya. Air terjun yang tingginya sekitaran 12 meter ini, selai kita dapat mandi dan menikmati sejuknya udara pegunungan di sini kita dapat pula melihat pemandangan kota Garut dari air terjun Citiis ini, wah pokona mah endah weh,,, he he pke bahasa sunda saeutik. Air curug Citiis berasal dari beberapa mata air kecil yang tergabung menjadi sebuah sungai kecil yang airnya mengalir sampai ke perkampungan warga dan dimanfaatkan sebagai sumber mata air untukmemenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Namun sangat disayangkan, kurangnya perhatian dari pemerintah dan warga setempat air terjun Citiis ini kurang terawat, itu terlihat terlihat pada saat saya dan teman-teman mengunjungi air terjun citiis ini. Sampah-sampah makanan, botol minuman, plasti shampo sashet dan lain-lain berserakan di pinggir air terjun Citiis. kurangnya sarana dan prasarana seperi tempat untuk ganti pakain membuat pengunjung kurang nyaman. Ditambah lagi jalan menuju air terjun Citiis sudah hampir tidak ada akibat penambangan pasir membuat perjalanan menjadi lebih lama, hhmmmmm sayang padahal konon katanya curug Citiis ini sangat bersih dan masih terjaga kelestariannya, jalan menuju curugnya pun belum rusak dan rimbun dengan pepohonan di sisi kiri kanan jalan.

Cara Agar Bisa Sampai Di Curug Citiis
Jalur air terjun Citiis yaitu jalur yang melalui Kampung Citiis Desa Penanjung Kecamatan Taogong Kaler Kabupaten Garut. Jalur ini merupakan jalur terpendek sekaligus jalur termudah untuk menuju air tertjun Citiis sebelum. Melalu jalur ini sobat adventure bias menghemat waktu dan tenaga dengan menumpang truk-truk pengangkut pasir hingga setengah perjalanan.

Setelah tiba di ujung jalan penambangan pasir ada dua jalur yang bisa dilewati yaitu jalur darat dan jalur air (jalur sungai Citiis). Sobat tinggal pilih mau menggunakan jalur yang mana. Keduanya mempunya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jalur darat jalannya lebih terjal  tetapi dengan jarak tempuh yang lebih cepat sedangkan jalur air yaitu jalan dengan menyusuri aliran air sungai air terjun Citiis, jalannya sedikit landai tetapi dengan jarak tempuh lebih lama. Kedua jalur tersebut sama-sama akan membawa kita ke air terjun Citiis.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger