Cara Mengatasi Gigitan Pacet Saat Mendaki Gunung

Advertisemen
Info Paguci - Mendaki gunung merupakan kegaitan yang sangat menarik bagi para pendaki. namun dalam pelaksanaanya kegiatan mendaki gunung selalu menemui berbagai macam masalah, salah satunya adalah tergigit Pacet. Hewan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi para pendki gunung. Hewan tersebut sering kali kita jumpai saat mendaki dan tanpa kita sadari itu pacet telah menempel dikulit. Nah kalu kejadiannya seperti itu, hal apa yang harus kita lakukan untuk mengusir pacet sang penyedot darah? Dicabut langsung kah?


Pacet merupakan hewan yang sering ditemui di jalur pendakian dan seringkali menggangu. Pacet hidup didaerah hutan hujan tropis yang berlumpur dan lembab. Indonesia yang memiliki iklim tropis yang lembab menjadikan gunung-gunung yang ada di indonesia banyak di huni pacet. Ukuran tubuh pacet akan membesarsetelah menghisap darah. Gigitan pacet tidak membahayakan. Hanya saja ketika menempel di kaki susah untuk dilepaskan. Setelah berhasil dilepaskan bekas gigitannya mengakibatkan gatal dan menyebabkan infeksi pada kulit.

Kabupaten Garut terkenal akan wisata alamnya mulai dari Gunung Papandayan, Gunung Guntur dan Gunung Cikuray. Selain ketiga gunung tersebut masih banyak wisata alam lainnya seperti curug yang banyak terdapat di garut selatan. Meski tidak banyak dibeberapa objek wisata alam di Garut sering kali ditemulan pacet ketika di perjalanan. Nah postingan kali ini akan membahas tips cara mengatsi gigitan pacet ketika sedang mendaki gunung Paguci atau sedang berwisata ke wisata alam yang ada di Garut. Apabila sobat tergigit pacet  maka lakukan lah hal-hal berikut:
  • Mengunakan air garam, caranya mudah yaitu dengan menyiramkan air garam tersebut ke pacet yang sedang menghisap darah terutama pada bagian mulutnya.
  • Mengoleska balsem di sekitar gigitan pacet.
  • Mengunakan minyak tanah untuk mengusir pacet.
  • Menggunakan air tembakau atau puntung rokok.
  • Yang terakhir pake manyak kayu putih
Sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan berbgai macam cara, namun cara-sara diatas adalah hal yang paling bisa dilakukan saat mendaki gunung karena garam, balsem, rokok, minyak kayu putih dna minyak tanah biasnya pasti dibawa lam mendaki gunung.

Awas jangn sekali-kali mengusir pacet yang sedang menggigit dengan langsung dicabut karena akibatnya darah akan terus kelur dan susah untuk berhenti. kalau pun tidak ada sesutau yang tidak bisa digunakan, biarkan saja pacet menggigit. Nanti juga lepas sendiri, agak sakit memang, namun hal tersebut lebih baik ketimbang dilepaskan secara paksa.
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Info Paguci - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger