Cara Memilih Jaket Untuk Mendaki Gunung

Sebelum mendaki Gunung Papandayan ada beberapa hal yang nesti kita persiapkan, salah satunya adalah Jaket untuk melindungi dari dainginnya...

Sebelum mendaki Gunung Papandayan ada beberapa hal yang nesti kita persiapkan, salah satunya adalah Jaket untuk melindungi dari dainginnya cuaca ketika mendaki di Gunung Papandayan. Jaket gunung merupakan salah satu perlengkapan paling penting yang wajib dimiliki oleh setiap pendaki Gunung Papandayan. Banyaknya produk jaket gunung yang beredar di pasaran, seringkali membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Jaket yang seperti apa yang cocok untuk mendaki gunung. Perlu diketahui, tidak semua jaket Gunung yang tersedia di pasaran cocok digunakan dalam aktivitas pendakian gunung. Perlu beberapa pertimbangan yang harus dilakukan oleh para pendaki dalam memilih jaket untuk aktivitas pendakian gunung.Jaket gunung hendaknya dipilih dengan cermat dan tepat agar bisa gunakan dalam jangka waktu yang lama serta kondisi yang sesuai dengan gaya pendakian kita.


Beraktivitas di alam bebas seperti mendaki gunung, hiking dan traveling saangat beresiko mengundang bahaya. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan peralatan dengan segala sesuatunya secara tepat. Jangan mementingkan  gaya dan gaul semata, percuma jaketnya keren tetapi tidak bisa melindungi tubuh kita selama berpetualang di alam bebas. Berikut ini beberapa cara memilih jaket gunung:


1. Sesuaikan Dengan Ukuran, Model Dan Bahan

  • Kenyamanan - merupakan satu faktor terpenting. Hal utama yang harus diperhatikan adalah nyaman tidaknya jaket tersebut digunakan?. Pilihlah jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh kamu. Hindari kamu memilih jaket yang terlalu ketat dan pastikan saat kamu mencobanya, jaket tersebut dapat memberikan kenyamanan dan ruang saat kamu bergerak. Jaket harus menutupi bagian atas dan bagian lengan tertutup rapat supaya mencegah udara dingin masuk.
  • Pemilihan Model - Untuk model bisa disesuakan dengan selara, pilihlah jaket yang memiliki kerah tinggi dan topi penutup kepalanya.
  • Perhatikanlah Detail - Detail utama yang diperhatikan adalah bagian kantong dan resleting. Terlalu banyak kantong malah membuat jaket kurang efektif. Perhatikan pula masalah fungsi. Kantong di bagian samping perut, selain untuk menyimpan barang, bisa pula digunakan untuk menghangatkan telapak tangan. Reseleting yang baik biasanya memiliki lapisan yang tahan air. Bila tidak, minimal resleting di bagian depan memiliki lapisan penutup lagi untuk mencegah angin masuk. Beberapa jaket memiliki resleting di bagian ketiak, agar tetap sejuk selama dipakai. Model ini bisa menjadi pilihan.
  • Bahan Jaket - Pada umumnya jaket gunung dibuat dari bahan wind-braker atau water-proof. Karena iklim kita beriklim tropis jadi pilihlah yang water-proof. Jaket gunung ada yang menyematkan polar di bagian dalamnya, sehingga akan lebih hangat ketika dipakai, namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari. Ada jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa furing, biasanya jaket seperti ini memang digunakan untuk mengurangi panas di dalam jaket, bahan luarnya biasanya dibuat dari bahan polyester. Sekarang ini, banyak jaket yang menggunakan teknologi seperti goretex, sebuah teknologi yang membuat lapisan jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar. Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, karena ketika terkena air hujan, maka akan memakan waktu lama untuk kering. Bawalah dua jaket sekaligus saat pendakian, yang satu berbahan polar  masukan ke dalam tas carrier dan pakailah saat akan tidur, satunya lagi yang berbahan polyester untuk dipakai ketika berjalan karena memang tidak membuat panas terperangkap di dalam jaket, namun tetap bisa melindungi dari hujan dan angin gunung.
2. Pilihlah yang Anti Air/Watterproof
Sobat bisa melakukan tes dengan mengucek-ngucek sedikit jaket yang akan dibeli. Bahan anti air, seperti taslan dan gore-tex, biasanya akan terasa lebih licin dan kaku. Bila ingin memastikan kualitas, sobat dapat meniup salah satu bagian kain. Bila terasa mampat, dapat dipastikan bahan ini tersebut anti air.

3. Pemilihan Warna
Warna terang atau Gelap? Warna gelap biasanya dipilih karena tidak mudah kotor, namun warna gelap akan mudah menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan saat siang hari. Jaket gunung dengan warna gelap juga akan membuat kita susah terlihat di alam bebas. Warna ternag sangat dianjurkan karena dapat memantulkan cahaya sehingga lebih mudah terlihat dan dikenali. Pilihlah jaket dengan satu warna, karena satu warna berarti lebih sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut. Sedikit jahitan akan membuat jaket kamu lebih nyaman dipakai saat kondisi hujan maupun berangin.

3. Sesuaikan Dengan Medan Dan Waktu Penggunaan
Medan seperti apa yang akan sobat hadapi? Bila sobat pergi ke gunung dengan ketinggian 2.000 – 3.000 mdpl, maka gunakanlah jaket dengan bahan dalam polar untuk menghangatkan. Waktu penggunaannya pun sebaiknya dipakai pada saat tidur. Apabila dipakai untuk berjalan, maka keringat akan keluar berlebihan, sehingga tubuh akan merasa terlalu lelah akbat dehidrasi.Pada beberapa kasus  pendakian ke puncak seperti ke Gunung Semeru atau Rinjani, perjalanan dilakukan sekitar pukul 02.00 pagi. Tentu saja jaket harus dipakai untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.
  
4. Perhatikan Merk
Pilihlah merk yang sudah sobat kenal, atau sobat sudah memiliki referensi mengenai merk tersebut. Merk luar yang terkenal seperti Jack Wolfskin, Heads, Timberland, dll. Beberapa merk ada pula yang mencantumkan logo gore-tex. Untuk merk lokal, beberapa yang bagus diantaranya Eiger, Consina, Avtech, dan Rei Ada juga merk yang kurang dikenal namun memiliki bahan yang sangat bagus. Sobat adventure bisa menilai dari resletingnya. Bila tercantum merk jaket yang sama, berarti jaket terbilang bagus. Karena, tidak sembarang perusahaan bisa membuat logo di resleting. Bila tidak memakai merk sendiri, pilihaln jaket dengan merk resleting YKK, yang sudah terjamin kualitasnya.



COMMENTS

Name

Air Terjun Air Terjun Sipis-Pido Anak Krakatau Argentina Australia Azalea Hotel Bali Banda Aceh Bandung Banjarmasin Banten Banyu Alam Resort Banyumas Banyuwangi Batu Tumpang Berita Blitar Bogor Bondowoso Boyolali Brebes Budaya Buffalo Hill Bukit Alamanda Bukit Moko Bukit Tinggi Bulukumba Bungalow Camping Ground Candi Candi Cetho Cirebon Curug Curug Abeh Curug Cibadak Curug Cigandi Curug Cihanyawar Curug Cimandi Racun Curug Cisarua Curug Citiis Curug Dano Curug Di Garut Curug Gandasari Curug Kancil Curug Ngebul Curug Orok Curug Raden Curug Teko Danau Danau Dariza Danau Toba Darajat Pass Diving Fauna favehotel garut Festival San Fermin Floating Market Flora Garut Gersik Gunung Gunung Anding Gunung Bromo Gunung Ijen Gunung Karacak Gunung Kerenceng Gunung Kidul Gunung Lainnya Gunung Lawu Gunung Merapi Gunung Puntang Gunung Rinjani Gunung Semeru Gunung Slamet Gunung Tangkuban Perahu Hongkong Hotel Hotel Augusta Hotel Banyu Arta Hotel Bintang Redannte Hotel Cipanas Indah Hotel Ciputra Jakarta Hotel Familie Ayu Garut Hotel Horison Bandung Hotel Mulih Ka Desa Hotel Paseban Garut Hotel Ramayana Hotel Suminar Hotel Tirtagangnga Info Cikuray Info Guntur Info Papandayan Info Tiket Info Wisata Inggris Iran Jakarta Jalur Cikahuripan Jalur Cilawu Pemancar Jalur Pendakian Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Jepang Jogjakarta Plaza Hotel Kalimantan Kalimantan Barat Kamojang Green Hotel & Resort Kampung Sampireun Resort & Spa Kampung Sumber Alam Karanganyar Kawah Kawah Ijen Kawah Kamojang Kawah Putih Kebun Binatang Kebun Raya Bogor Kepulauan Mentawai Kolaka Lampung Lembang Lingkungan Lombok London Madiun Magelang Makassar Malang Medan Melbourne Ngada Nias NTB NTT Nusa Tenggara Timur Pacitan Panatai Nglambor Panduan Pangandaran Pantai Pantai Pandansari Pantai Sawarna Pantai Sengigi Pantai Sorake Pantai Uluwatu Pasar Klungkung Pekanbaru Pemalang Penginapan Penginapan Hotel Ambhara Penginapan Inna Garuda Hotel Pontianak Probolinggo Pulau Bawean Pulau Kish Pulau Riung Pulau Seribu Puncak Darajat Pass Purbalingga Riau Sabang Sabda Alam Hotel & Resort Sari Papandayan Sejarah Sejarah Gunung Cikuray Sejarah Gunung Guntur Sejarah Gunung Papandayan Semarang Simaksi Singapura Singgahsana Cipelah Situ Situ Bondo Situ Cibeuereum Situ Cileunca Situ Patenggang Sleman Solo Status Gunung Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara sum Sumatera Barat Sumatera Utara Sumedang Surabaya Surabya Taipei Taman Bungkul Taman Laut Bunaken Taman Nasioanal Way Kambas Taman Nasional Taman Nasional Alas Purwo Taman Nasional Baluran Taman Nasional Komodo Taman Nasional Wakatobi Tana Karo Tana Toraja Tebing Keraton Tegal Telaga Warna Teluk Bone Thailand Tilanga Tips Turki Villa Villa Aquin Villa Buleud Villa Edelweiss Garut Wisata Kuliner Wonosobo Yogyakarta
false
ltr
item
Info Paguci: Cara Memilih Jaket Untuk Mendaki Gunung
Cara Memilih Jaket Untuk Mendaki Gunung
https://3.bp.blogspot.com/--sQoj7tpTRs/WPGmuMIXrRI/AAAAAAAAAHE/vw1Sos5cx6o_X34Ooje7a2v8nex_wgjfACEw/s1600/Cara%2BMemilih%2BJaket%2BUntuk%2BMendaki%2BGunung.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--sQoj7tpTRs/WPGmuMIXrRI/AAAAAAAAAHE/vw1Sos5cx6o_X34Ooje7a2v8nex_wgjfACEw/s72-c/Cara%2BMemilih%2BJaket%2BUntuk%2BMendaki%2BGunung.jpg
Info Paguci
https://infopaguci.blogspot.com/2017/04/cara-memilih-jaket-untuk-mendaki-gunung.html
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/2017/04/cara-memilih-jaket-untuk-mendaki-gunung.html
true
5027764179436207265
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Info Menarik Lainnya LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy