Peran Penting Kekayaan Objek Wisata Indonesia

Wisata Indonesia memegang peranan yang cukup penting bagi sektor ekonomi Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan penerimaan devisa nega...

Wisata Indonesia memegang peranan yang cukup penting bagi sektor ekonomi Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan penerimaan devisa negara dari sektor pariwista yang menempati urutan ketiga setelah komoditi migas dan kelapa sawit. Data statistik pada tahun 2010 menunjukkan bahwa jumlah wistawan mancanegara yang datang dan berkunjung ke Indonesia mencapai lebih dari 7 juta jiwa atau mengalami kenaikan sebesar 10.74 % dari tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah  wisatawan mancanegara ini diperkirakan menyumbang devisa bagi negara sebesar 7.6 juta USD.

Mengenal Pariwisata Indonesia
Pariwisata Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Dengan letak geografis nya yang di apit oleh benua Asia dan Australia, negara ini dikatkan sebagai negara yang memiliki iklim tropis. Selain beriklim tropis, Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan dengan jumlah pulau yang mencapai hingga 17.000-an yang tersebar diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia dengan jumlah penduduk dan kebudayaan yang beragam.

Berbicara mengenai keanekaragaman Pariwisata Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya serta memiliki keindahan alam yang selalu menyuguhkan keindahan tersendiri. Belum lagi jika kita membicarakan keindahan alam Indonesia yang masih belum terjamah oleh kemajuan pembangunan. Udara sekitar yang disuguhkan oleh alam terasa begitu sejuk sehingga akan membawa kita untuk melupakan rutinitas kita sejenak.

Keanekaragaman pariwisata Indonesia memiliki daya tarik tersendiri untuk siapapun. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, keindahan alam yang dimiliki Indonesia juga mampu menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Saat berkunjung ke Indonesia, kita dapat memilih jenis pariwisata apa yang paling diminati, dimulai dari wisata air hingga wisata budaya yang bisa kita temukan dari sabang hingga marauke dengan ciri khas nya masing-masing.

Terdapat banyak tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Adapun salah-satu tempat Pariwisata Indonesia yang juga menjadi icon dari Indonesia adalah Pulau bali. Di Pulau Bali, para wisatawan yang berkunjung dapat menikmati indahnya alam bali, pernak-pernik kerajinan tangan masyarakat setempat, bermacam-macam pura yang merupakan tempat peribadatan masyarakat bali pada umumnya serta bermacam-macam kesenian Bali lainnya.

Selain Bali, Kota Yogyakarta juga merupakan salah-satu tempat Pariwisata Indonesia yang cukup banyak menarik perhatian para wisatawan. Di kota ini, para wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Kraton Yogyakarta, pantai serta menikmati keindahan alam lereng gunung merapi. Adapun beberapa tempat-tempat pariwisata terkenal lainnya di Indonesia antara lain Kota Bandung, Danau Toba di Sumatera Utara, Kota Bukittinggi di Sumatra Barat, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, Bunaken di Sulawesi Utara untuk menikmati keindahan laut (khususnya terumbu karang, ikan-ikan, dan tumbuhan laut), Gunung Bromo di Jawa Timur serta Tana Toraja di Sulawesi Selatan.

Bagi para wisatawan yang menyukai jenis pariwisata yang bersifat petualangan, wilayah Papua dan Kalimantan merupakan salah satu tempat yang sangat sangat direkomendasikan. Di Papua, para wisatawan dapat menemukan hutan tropis yang masih alami dengan penduduknya yang masih bersifat sangat tradisional. Selain itu, gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya (5000 meter), juga terletak di Papua serta terdapat salju di puncaknya. Di Kalimantan, para wisatawan dapat menemukan hutan tropis dan cagar alam yang berfungsi untuk melindungi binatang-binatang langka yang dilindungi. Adapun cagar alam yang sangat terkenal di Kalimantan adalah Tanjung Putting. Cagar alam ini merupakan cagar alam yang digunakan untuk melestarikan orang utan.

Untuk berkunjung ke Indonesia sangatlah mudah. Setiap hari terdapat banyak penerbangan internasional ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Dengan keanekaragaman pariwisata Indonesia, maka sebaiknya anda merencanakan kunjungan anda dengan baik.

Objek wisata Indonesia
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia, terdapat 11 provinsi yang menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara. Adapun ke sebelas propinsi yang dimaksud adalah Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten dan Sumatera Barat. Sekitar 59 % dari jumlah turis yang berkunjung ke Indonesia memiliki tujuan untuk berlibur, sementara 38 % lainnya berkunjung ke Indonesia dengan alasan bisnis.

Secara umun, objek wisata Indonesia dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar :

Wisata Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan perbandingan luas wilayah daratan dengan lautan adalah 3:1. Sekitar 70% dari luas wilayah Indonesia merupakan laut yang memiliki terumbu karang terkaya di dunia. Jumlah terumbu karang ini diperkirakan mencapai 18% dari jumlah terumbu karang yang ada di dunia dengan lebih dari 3.000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska, dan 1.500 jenis udang-udangan. Kekayaan biota laut tersebut menciotakan setidaknya sekitar 600 titik selam dengan kedalaman mencapai 30 meter yang tersebar dari sabang hingga marauke.

Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki gunung merapi terbanyak di dunia. Saat ini setidaknya terdapat lebih dari 400 gunung merapi yang tersebar diseluruh wilayah indonesia. 130 diantaranya dikategorikan dalam gunung merapi aktif. Gunung bromo misalnya. Kawasan gunung bromo ini dikenal sebagai lokasi wisata pegunungan untuk melihat matahari terbit maupun penunggangan kuda. Pada tanggal-tanggal tertentu, biasanya masyarakat setempat mengadakan upacara kebudayaan adnya Kasada yang dilakukan oleh masyarakat Gunung Bromo.

Wisata Belanja
Selain kaya akan wisata alam, Indonesia juga kaya akan wisata belanjanya. Wisata belanja di Indonesia secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu pusat perbelanjaan  tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Di pasar tradisional, pada umumnya para pedangang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Sedangkan pasar modern, biasanya dapat kita temui di kota-kota besar seperti di Jakarta, Semarang dan Surabaya. Adapun beberapa daerah yang sering dijadikan tempat untuk wisata belanja tradisional adalah Pasar Terapung Muara Kuin di Sungai Barito, Banjarmasin, Pasar Terapung Lok Baintan di Banjar, Pasar Sukawati di Gianyar, Pasar Klewer di Solo, Kota Gede dan kawasan Malioboro di Yogyakarta,

Wisata Budaya
Jika anda selalu menghabiskan waktu liburan keluarga dengan mengunjungi wisata alam, tidak ada salahnya anda mencoba wisata budaya sebagai alternativ liburan anda. Jenis wisata budaya biasanya dikemas dalam suatu acara sehingga membuat para pengunjung bisa lebih mengenal produk-produk budaya seperti masakan, tari-tarian hingga bangunan dengan arsitektur kuno. Beberapa tempat yang bisa anda kunjungi untuk berwisata budaya diantaranya adalah mengunjungi Candi Borobudur, Candi Prambanan, Masjid Demak, dan bermacam-macam jenis wisata budaya lainnya.

Budaya Indonesia
Budaya Indonesia dapat diartikan sebagai suatu kesatuan dari berbagai kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia. Adapun jenis kebudayaan yang dapat dikategorikan sebagai budaya asli Indonesia adalah seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari seluruh kebudayaan suku bangsa yang ada di Indonesia. Sayangnya, saat ini nilai-nilai budaya Indonesia yang asli mulai mengalami pergeseran. Hal ini disebabkan karena pengaruh budaya asing yang secara perlahan mulai mempengaruhi kebudayaan asli Indonesia.

Pengaruh budaya asing yang mulai menggeser nilai-nilai budaya Indonesia saat ini dapat kita lihat dari hal yang paling sederhana. Misalnya saja dari cara berpakaian. Masyarakat Indonesia yang pada zaman dahulunya terbiasa memakai pakaian tradisional, yang kalau dalam budaya jawa seorang wanita akan mengenakan pakaian kebaya yang dilengkapi dengan sanggul di rambutnya dan pria yang memakai baskep dengan bawahan kain batik serta dilengkapi dengan belangkon di kepalanya kini mulai beralih menggunakan pakaian kasual seperti kaos, kemeja dan celana Jeans yang sangat jauh nilainya dengan budaya Indonesia.  Kebanyakan dari kita saat ini akan beranggapan bahwa memakai pakaian kebaya ataupun pakaian tradisional lainnya akan membuat kita terlihat jadul dan kuno.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, berbagai macam cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri  kita agar dapat tampil bergaya tradisional namun akan terlihat modern dengan menambahkan beberapa aksen. Seperti yang saat ini telah dilakukan oleh banyak orang yakni membuat pakaian modern yang dilengkapi dengan corak dan bahan batik, membuat steak dan ham burger dengan menggunakan tempe sebagai bahan pengganti daging. Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri kita sebagai bangsa Indonesia agar dapat menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Yang lebih penting adalah unsur budaya Indonesia masih dapat terlihat dan terasa sangat kental.

Masuknya budaya asing ke Indonesia seharusnya tidak menimbulkan hal-hal yang bersifat negatif. Hal ini dapat tercapai apabila kita dapat memilih dan membedakan baik buruknya dampak yang akan ditimbulkan dari apa yang kita lakukan.  Suatu perubahan akan berdampak pada suatu kebaikan apabila perubahan itu memang dilakukan untuk tujuan kebaikan, dan sebaliknya akan memberikan dampak yang buruk apabila perubahan yang dilakukan memberikan efek samping yang buruk. Ayo kita pertahankan dan lestarikan budaya Indonesia.

Wisata Keagamaan

Sejarah Indonesia telah mencatat bahwa agama Hindu dan Budha yang merupakan agama pertama yang masuk ke Indonesia begitu banyak mempengaruhi kehidupan spiritual masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peninggalan-peninggalan bersejarah Indonesia seperti candi dan prasasti yang ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Adapun salah satu penginggalan bersejarah agama Budha yang saat ini tercatat dalam daftar Warisan Budaya Dubia (UNESCO) adalah Candi Borobudur yang dinobatkan sebagai candi agama Budha terbesar di dunia. Selain candi, terdapat beberapa bangunan bersejarah yang bercorak islami seperti Masjid Agung Demak dan Masjid Menara Kudus yang menambah keanekaragaman Wisata Indonesia

COMMENTS

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <ins class="adsbygoogle" style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-3530987281638507" data-ad-slot="9694894915"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
Name

Air Terjun Australia Azalea Hotel Bali Bandung Banten Banyu Alam Resort Banyumas Banyuwangi Batu Tumpang Berita Bogor Bondowoso Brebes Buffalo Hill Bukit Alamanda Bukit Moko Bulukumba Bungalow Camping Ground Curug Curug Abeh Curug Cibadak Curug Cigandi Curug Cihanyawar Curug Cimandi Racun Curug Cisarua Curug Citiis Curug Dano Curug Di Garut Curug Gandasari Curug Kancil Curug Ngebul Curug Orok Curug Raden Curug Teko Danau Danau Dariza Darajat Pass Diving favehotel garut Festival San Fermin Floating Market Garut Gunung Gunung Bromo Gunung Ijen Gunung Karacak Gunung Kerenceng Gunung Kidul Gunung Lainnya Gunung Merapi Gunung Puntang Gunung Semeru Gunung Slamet Hotel Hotel Augusta Hotel Banyu Arta Hotel Bintang Redannte Hotel Cipanas Indah Hotel Ciputra Jakarta Hotel Familie Ayu Garut Hotel Horison Bandung Hotel Mulih Ka Desa Hotel Paseban Garut Hotel Ramayana Hotel Suminar Hotel Tirtagangnga Info Cikuray Info Guntur Info Papandayan Info Tiket Info Wisata Jakarta Jalur Cikahuripan Jalur Cilawu Pemancar Jalur Pendakian Jawa Barat Jawa Timur Jogjakarta Plaza Hotel Kamojang Green Hotel & Resort Kampung Sampireun Resort & Spa Kampung Sumber Alam Kawah Kawah Ijen Kawah Kamojang Kawah Putih Kebun Raya Bogor Kolaka Lampung Lembang Lingkungan Melbourne Nias Pacitan Panatai Nglambor Panduan Pantai Pantai Sawarna Pantai Sorake Pasar Klungkung Pekanbaru Pemalang Penginapan Probolinggo Puncak Darajat Pass Purbalingga Riau Sabda Alam Hotel & Resort Sari Papandayan Sejarah Sejarah Gunung Cikuray Sejarah Gunung Guntur Sejarah Gunung Papandayan Simaksi Situ Situ Bondo Situ Cibeuereum Situ Cileunca Situ Patenggang Solo Status Gunung Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Sumedang Surabaya Taipei Taman Nasional Taman Nasional Alas Purwo Taman Nasional Baluran Tana Toraja Tebing Keraton Tegal Telaga Warna Teluk Bone Tilanga Tips Turki Villa Wisata Kuliner Wonosobo Yogyakarta
false
ltr
item
Info Paguci: Peran Penting Kekayaan Objek Wisata Indonesia
Peran Penting Kekayaan Objek Wisata Indonesia
https://2.bp.blogspot.com/-CYSelhy1vkI/W0barCE2jJI/AAAAAAAAAvk/ZaQhbApZ33AAqjNiZfSBJ_37XunxPsX6wCLcBGAs/s400/Peran%2BPenting%2BKekayaan%2BObjek%2BWisata%2BIndonesia.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-CYSelhy1vkI/W0barCE2jJI/AAAAAAAAAvk/ZaQhbApZ33AAqjNiZfSBJ_37XunxPsX6wCLcBGAs/s72-c/Peran%2BPenting%2BKekayaan%2BObjek%2BWisata%2BIndonesia.jpg
Info Paguci
https://infopaguci.blogspot.com/2018/07/peran-penting-kekayaan-objek-wisata.html
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/2018/07/peran-penting-kekayaan-objek-wisata.html
true
5027764179436207265
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Info Menarik Lainnya LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy