Bulukumba-Pusat Pembuatan Kapal Pinisi di Sulawesi Selatan

Halo sahabat Pagguci , Beralih dari Sulawesi Tenggara ke Sulawesi Selatan, Jika sebelumnya kita membahas Pomalaa sebuah kota indah di Tel...

Halo sahabat Pagguci, Beralih dari Sulawesi Tenggara ke Sulawesi Selatan, Jika sebelumnya kita membahas Pomalaa sebuah kota indah di Teluk Bone Sulteng, kali ini kita akan membahas salah satu tempat pembuatan Kapal Pinisi di Sulsel. Ada yang tahu dimana pusat pembuatan Kapal Pinisi di Sulawesi Selatan? ya Bulukumba jawabannya. Nah jika Anada ke Sulsawesi selatan, jangan lupa untuk mengunjungi Kabupaten Bulukumba karena disana terdapat banyak tempat menarik yang dijadikan objek wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, salah satunya tempat pembuatan Kapal Pinisi.

Bulukumba merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung paling selatan Sulawesi Selatan dan berjarak kurang lebih 160 km dari Makassar. Bulukumba sangat beruntung karena dianugerahi alam yang indah dengan didominasi oleh pantai. Tidak hanya itu, Bulukumba juga terkenal sebagai pusat pembuatan kapal pinisi.

Anda tentu pernah mendengar cerita pelaut-pelaut Bugis yang sangat handal mengarungi samudera dengan mengandalkan kapal layar pinisi. Di Bulukumba lah kapal-kapal itu dibuat. Bahkan, saat ini keterampilan para pembuat kapal pinisi ini telah dihargai oleh berbagai pihak, termasuk dari luar negeri yang banyak melakukan pesanan terhadap kapal pinisi buatan Bulukumba.

Pembuatan kapal pinisi di Kabupaten Bulukumba masih sangat tradisional dan tradisi ini masih dijaga sejak abad ke-14. Tempat pembuatan kapal pinisi tersebar di berbagai lokasi di Bulukumba, tapi sebagaian besar kapal dibuat di Tana Beru, sebuah kecamatan yang terletak sekitar 20 km dari Kota Bulukumba.
Proses  pembuatan Kapal Pinisi Bulukumba
Pembuatan kapal-kapal pinisi ini berada di sepanjang pantai yang ada di Tana Beru. Hal ini tentu saja sangat menarik perhatian jika Anda berkunjung ke Tana Beru, karena selain bisa menikmati wisata bahari, Anda juga sekaligus bisa melihat dari dekat proses pembuatan kapal pinisi dari dekat yang masih dilakukan secara tradisional. Uniknya lagi, proses pembuatan kapal ini tidak hanya berdasarkan perhitungan teknis, namun penduduk setempat juga masih percaya dengan unsur supranatural dalam pembuatannya. Tidak mengherankan jika dalam setiap tahapan pembuatan kapal pinisi dilakukan ritual dan upacara yang wajib dilakukan.

Selain mengandalkan tradisi pembuatan kapal pinisi sebagai wisata budaya, Bulukumba juga memiliki pantai-pantai cantik, khususnya yang terletak di Tanjung Bira. Menikmati keindahan pantai sambil bermain pasir putih yang sangat lembut tentu saja menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan ketika berlibur di Kabupaten Bulukumba.

Transportasi ke Bulukumba
Untuk sampai di Bulukumba, pertama Anda harus terbang terlebih dahulu ke Makassar,sebagai ibu kota Sulawesi Selatan. Dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Anda bisa menggunakan jasa taksi ke Terminal Malengkeri yang terletak di sebelah selatan Kota Makassar. Jika tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membayar taksi, Anda bisa naik Damri Bandara hingga kota yang kemudian dilanjutkan dengan naik pete-pete (angkot) menuju Terminal Malengkeri.

Jika Anda sudah sampai di Terminal Malengkeri, di sana cukup banyak angkutan yang disebut “Kijang” yang siap mengantarkan Anda hingga Bulukumba. Kijang ini sebenarnya merupakan angkutan umum berupa mobil Kijang, Panther, Avanza, Xenia, Innova, maupun APV. Ongkos naik kijang dari Terminal Malengkeri hingga Bulukumba yang ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam adalah Rp 60.000 hingga Rp 70.000. Selain itu, ada juga bus dengan rute dari Terminal Malengkeri tujuan Pulau Selayar yang melalui Bulukumba.

Transportasi Lokal di Bulukumba

Setelah sampai di Kota Bulukumba, Anda bisa memanfaatkan jasa pete-pete untuk pergi ke Tana Beru melihat proses pembuatan kapal pinisi atau ke Tanjung Bira menikmati keindahan pantai yang luar biasa. Antara Tana Beru dan Tanjung Bira ini masih searah, sehingga sangat memudahkan Anda jika ingin pergi ke kedua tempat ini sekaligus. Ongkos pete-pete dari Bulukumba ke Tana Beru atau Tanjung Bira berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000.

Objek Wisata

Objek-objek wisata di Kabupaten Bulukumba didominasi oleh wisata bahari karena lokasinya yang berada di ujung selatan Semenanjung Sulawesi Selatan dan berbatasan langsung dengan Laut Flores dan Laut Banda. Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Bulukumba adalah menyaksikan proses pembuatan kapal pinisi di Tana Beru dan Tanjung Bira. Di samping itu, Anda bisa bermain air dan pasir putih yang sangat bersih dan lembut di Pantai Tanjung Bira sembari menunggu matahari terbenam. Di Pantai Tanjung Bira terdapat Amatoa Resort yang menyajikan pemandangan pasir putih luar biasa cantik yang siap memanjakan Anda.
Pantai Tanjung Bira (Source: https://rianytam.wordpress.com
Jika Anda gemar melakukan snorkeling, memandangi koral-koral dan ikan yang berkeliaran dengan bebas, Kepulauan Liukang dan Kambing yang tidak terlalu jauh dari Tanjung Bira bisa menjadi tujuan Anda berikutnya.

Tempat Snorkeling di Bulukumba
  1. Tana Beru
  2. Pantai Pasir Putih Tanjung Bira
  3. Pantai Tanjung Bira Timur
  4. Kepulauan Liukang
  5. Kepulauan Kambing
Kuliner dan Belanja

Sambala pette atau sambal petai China, tumis cukka, dan paccala pippi coli merupakan beberapa jenis makanan yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Bulukumba. Selain itu, lokasi ini juga terkenal dengan ikan-ikan segar yang siap memanjakan lidah Anda.

Akomodasi
Meskipun Kabupaten Bulukumba beribu kota di Bulukumba, tapi kegiatan wisata lebih banyak dilakukan di Tanjung Bira. Berbagai akomodasi mulai dari kelas resort mewah dan mahal hingga penginapan murah untuk para backpacker banyak tersedia di Tanjung Bira, khususnya di sekitar Pantai Pasir Putih. Namun, bagi Anda yang menginginkan menginap di Kota Bulukumba, di sana juga tersedia berbagai pilihan penginapan.

Hotel Dan Penginapan di Bulukumba

  1. Hotel Sapolohe (Di tepi Pantai Pasir Putih)
  2. Anda Beach Hotel and Restaurant 
  3. Bahagia Pondok Wisata Hotel (Jalan Bira, Bulukumba)
  4. Awal Fajar Wisma (Jalan Pisang No. 19, Bulukumba)
  5. Penginapan Tanjung Bira
  6. Penginapan Pasir Putih Bira
  7. Salassa Guest House
  8. Sunshine Guest House
  9. Riswan Bungalows
  10. Kalumbibi Cottage
Fakta singkat
Profil Singkat Kabupaten Bulukumba adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Bulukumba.


Tips Saat Berwisata ke Bulukumba
  • Berangkat dari Terminal Malengkeri pagi/siang karena sore hari angkutan biasanya sulit didapat.
  • Tanjung Bira merupakan tempat yang sunyi saat malam hari, Anda bisa membawa peralatan hiburan sendiri.
Nah, demikinalah sekilas tentang Kabupaten Bulukumba, Bukan hanya sebagai pusat pembuatankapal Pinisi, Bulukumba juga ternya memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jadi bagaimana? tertarik untuk mengunjungi Kabupaten Bulukumba? jika Anda pernah kesini, jangan lupa untuk berbagi pengalaman Anda selam liburan di Bulukumba pada kolom komentar di bawah ya.

COMMENTS

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <ins class="adsbygoogle" style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-3530987281638507" data-ad-slot="9694894915"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
Name

Air Terjun Australia Azalea Hotel Bali Bandung Banten Banyu Alam Resort Banyumas Banyuwangi Batu Tumpang Berita Bogor Bondowoso Brebes Buffalo Hill Bukit Alamanda Bukit Moko Bulukumba Bungalow Camping Ground Curug Curug Abeh Curug Cibadak Curug Cigandi Curug Cihanyawar Curug Cimandi Racun Curug Cisarua Curug Citiis Curug Dano Curug Di Garut Curug Gandasari Curug Kancil Curug Ngebul Curug Orok Curug Raden Curug Teko Danau Danau Dariza Darajat Pass Diving favehotel garut Festival San Fermin Floating Market Garut Gunung Gunung Bromo Gunung Ijen Gunung Karacak Gunung Kerenceng Gunung Kidul Gunung Lainnya Gunung Merapi Gunung Puntang Gunung Semeru Gunung Slamet Hotel Hotel Augusta Hotel Banyu Arta Hotel Bintang Redannte Hotel Cipanas Indah Hotel Ciputra Jakarta Hotel Familie Ayu Garut Hotel Horison Bandung Hotel Mulih Ka Desa Hotel Paseban Garut Hotel Ramayana Hotel Suminar Hotel Tirtagangnga Info Cikuray Info Guntur Info Papandayan Info Tiket Info Wisata Jakarta Jalur Cikahuripan Jalur Cilawu Pemancar Jalur Pendakian Jawa Barat Jawa Timur Jogjakarta Plaza Hotel Kamojang Green Hotel & Resort Kampung Sampireun Resort & Spa Kampung Sumber Alam Kawah Kawah Ijen Kawah Kamojang Kawah Putih Kebun Raya Bogor Kolaka Lampung Lembang Lingkungan Melbourne Nias Pacitan Panatai Nglambor Panduan Pantai Pantai Sawarna Pantai Sorake Pasar Klungkung Pekanbaru Pemalang Penginapan Probolinggo Puncak Darajat Pass Purbalingga Riau Sabda Alam Hotel & Resort Sari Papandayan Sejarah Sejarah Gunung Cikuray Sejarah Gunung Guntur Sejarah Gunung Papandayan Simaksi Situ Situ Bondo Situ Cibeuereum Situ Cileunca Situ Patenggang Solo Status Gunung Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Sumedang Surabaya Taipei Taman Nasional Taman Nasional Alas Purwo Taman Nasional Baluran Tana Toraja Tebing Keraton Tegal Telaga Warna Teluk Bone Tilanga Tips Turki Villa Wisata Kuliner Wonosobo Yogyakarta
false
ltr
item
Info Paguci: Bulukumba-Pusat Pembuatan Kapal Pinisi di Sulawesi Selatan
Bulukumba-Pusat Pembuatan Kapal Pinisi di Sulawesi Selatan
https://3.bp.blogspot.com/-SKgZOEBgXlg/W3DqF-1wdvI/AAAAAAAARj8/NhD2F4ubf4IuX89-KlaXtexEGr1CN-CRACLcBGAs/s400/Bulukumba-Pusat%2BPembuatan%2BKapal%2BPinisi%2Bdi%2BSulawesi%2BSelatan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-SKgZOEBgXlg/W3DqF-1wdvI/AAAAAAAARj8/NhD2F4ubf4IuX89-KlaXtexEGr1CN-CRACLcBGAs/s72-c/Bulukumba-Pusat%2BPembuatan%2BKapal%2BPinisi%2Bdi%2BSulawesi%2BSelatan.jpg
Info Paguci
https://infopaguci.blogspot.com/2018/08/objek-wisata-bulukumba.html
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/
https://infopaguci.blogspot.com/2018/08/objek-wisata-bulukumba.html
true
5027764179436207265
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Info Menarik Lainnya LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy