Friday, December 26, 2014

December 26, 2014
Info Papandayan - Wisata Kawah Paanadayan memiliki daya tarik yang sangat tinggi. Setiap tahun Kawah Papandanyan menjadi salah  tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Kabupaten Garut. Gunung Papandayan lebih menarik dari pada Gunung Guntur dan Gunung Cikuray karena Gunung Papandayan merupakan gunung api aktif yang memiliki beberapa kawah yang sangat indah.

Sekilas Tentang Gunung Papandayan
Gunung Papandayan nerupakan gunung yang berada diselatan Kota Garut. Muka gunung mengarah ke arah ketimur laut muali dari Kawah Mas hinggs Kampung Cibalong dan Cibodas sebagai hasil pembentukan endapan guguran puing aliran larva mengarah ke Cibeureunm Gede dan Ciparungpuk yang menjadi aliran menuju sungai Cimanuk. Gunung Papandayan menjadi gunung pavorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan pendaki dari berbagai daerah luar Garut. Salah satu yang paling menarik dari Gunung Papandayan adalah Kawahnya. Kawah papandayan menjadi tujuan utama para wisatawan jika mengunjungi Gunung Papandayan.













Kawah Papandayan

Objek wisata Kawah Papandayan berada di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Kawah Papandayan dikelola oleh BKSDA Jabar II. Sedangkan status kepemilikan tanahnya dikuasai oleh Departemen Kehutanan. Jalan menuju Kawah Papandayan Mulai dari sambutan jalan raya Bayongbong yang berkelok-kelok samapai ke jalan raya Cisurupan. Jalur menuju gunung Papandayan dimulai dari Cisurupan dengan jalan aspal yang berlubang sejauh 9 Km dari Cisurupan sampai ke areal Papandayan. Dari Cisurupan ke areal Papandayan  ditempuh dengan mengunakan kendaraan denga waktu tempu kurang lebih 60 menit.

Dikawasan Gunung Papandayan terdapat 14 buah kawah namun hanya beberapa kawah yang memiliki luas cukup besar dan terkenal. Beberapa kawah tersebut diantaranya: Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Manuk dan Kawah Nangklak. Hingga saat ini kawah tersebut masih mengeluarkan asap dan uap panas dari sisi dalamnya. Kawah Mas merupakan salah satu kawah ditengah-tengah kubah dengan lebar seluas 150 meter. Selain kawah ada juga beberapa genagan air yang berwarna-warni/ tidak hanya itu sobat juga dapat menjumpai sungai-sungai kecil bekas jalur aliran lahar pada saat  Gunung Papandayan meletus tahun 2002.

Cara Untuk Menuju Ke Kawah Papandayan
Untuk menuju Danau Kawah Baru bisa melanjutkan perjalanan dari tempat parkir kendaraan melalui jalur pendakian dengan berjalan kaki menyebrangi sungai Ciparungpuk dengan trek jalur pendakian berupa bebatuan hasil material vulkanik dengan waktu tempuh dua jam. Disela-sela perjalanan menuju Danau Kawah Baru kita akan menjumpai kepulan-kepulan asap dibeberapa titik dan sengatan bau belerang yang membuat pendakian terasa berat karena sesak menghirup bau belerang.

Bagi Para pendaki gunung menjelajahi setiap kawah di Papandayan merupakan suatu pengalaman yang tidak terlupakan. Berda diatas gunung aktif dan berada dekat dengan kawahnya merupakan hal yang luar biasa.


Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment